Tanya Dokter

  • penyebab nyeri saat buang air kecil

  •  Risvia
    Anggota
    Halo Dokter, saya saat ini sedang mengalami rasa sakit setelah buang kecil. Baru terasa hari ini ketika pagi dan barusan td malam.. Rasanya sehabis buang air kecil ada rasa sakit sedikit dan ketika sudah selesai rasanya seperti ingin keluar lg air seninya, begitu ke kamar mandi ada memang keluar sedikit tp pas terakhirnya disertai rasa sakit lagi Menurut asumsi saya sepertinya ini terjadi karena kemarin malam di tengah2 tidur saya merasa mau buang air kecil tp nggak sengaja tertahan sampai pagi2 saya bangun jam 7, nah di situ langsung terasa pas habis buang air kecil rasanya seperti sakit dan kering di dalam. Pas siang dan sore tidak terasa lagi gejala itu, tp barusan saya ke kamar mandi dan kembali merasakan hal yg sama.. Saya rasa ini bukan karena kurang minum, karena saya selalu minum sekitar 3-4 liter sehari, paling kurang 2 liter tiap hari Bagaimana solusinya ya, dok? Apakah ini termasuk gejala infeksi saluran kemih? Kalau iya apa yg bisa saya lakukan agar saya bisa mengatasi ini secara dini dan agar tidak semakin parah nantinya? Terima kasih, dokter..

    Risvia yang baik,

    kondisi nyeri saat buang air kecil, dapat disebabkan oleh peradangan pada saluran kemih. Peradangan yang terjadi ini kadang dapat disertai oleh gejala lainnya seperti buang air kecil terasa perih, buang air kecil tidak lampias, dan lain sebagainya. Peradangan ini umumnya bisa menjadi pertanda akan setidaknya dua hal yakni adanya batu pada saluran kemih atau infeksi pada saluran kemih. Pada perempuan, infeksi saluran kemih sering terjadi oleh karena kondisi anatomi saluran kemih perempuan yang lebih dekat dengan daerah anus yang sarat dengan bakteri. Teknik membersihkan anus (cebok) pasca buang air besar yang salah seringkali menjadi jalan masuk dari bakteri sekitar anus untuk menginfeksi saluran kemih yang ada. Kondisi menahan-nahan kencing juga sering menjadi faktor risiko yang memberatkan.

    Penanganan infeksi saluran kemih setidaknya memperhatikan 2 hal yakni pemberian antibiotik dan antinyeri yang diperlukan, sembari "membilas" saluran kemih dengan konsumsi air yang cukup sekitar 2-3 liter per hari. Pemberian antinyeri dapat menggunakan penahan nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol atau ibuprofen tentunya dengan memperhatikan petunjuk pemakaian yang ada. Antibiotik sendiri dapat diberikan ketika Anda telah memeriksakan diri ke dokter. Berikut kami lampirkan artikel mengenai infeksi saluran kemih. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief