Tanya Dokter

  • bentol dan kemerahan karena sabun mandi

  •  Dinii
    Anggota
    Dok, apakah jika kulit timbul bentol2 kemerahan saat setelah menggunakan sabun mandi merupakan tanda bahwa harus mengganti produk sabun? Apakah jenis kulit saya termasuk sensitif? Dan zat kimia apa yang harus dihindari pada produk sabun mandi? Terima kasih

    Halo Dinii...

    Penggunaan beberapa jenis sabun dapat memberikan efek alergi berupa reaksi sensitifitas kulit Anda terhadap produk tersebut. Dari gejala yang Anda jelaskan berupa munculnya  reaksi seperti kemerahan pada kulit, perih, dan mengelupas. Bila Anda mengalami reaksi alergi akibat pemakaian sabun tersebut, sebaiknya segera hentikan pemakaian krim wajah tersebut.

    Reaksi yang ditiimbulkan setelah pemakaian sabun mandi tersebut menandakan Anda memiliki sensitifitas terhadap bahan tertentu, namun Anda dapat mencoba jenis sabun mandi khusus kulit hipersensitif dari berbagai merk yang dapat dibeli di apotek.

    Penanganan pada alergi kulit meliputi pemberian obat kortikosteroid dalam bentuk topikal/salep untuk meredakan peradangan pada kulit. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan memeriksa kondisi kulit Anda dan keluhan kemerahan yang timbul, serta menentukan penanganan yang tepat sesuai kebutuhan. Beberapa anjuran yang dapat dilakukan:

    • Membasuh badan yang kemerahan yang lembut minimal 2 kali sehari, lakukan dengan gerakan lembut dan perlahan-lahan

    • Hindari menggosok-gosok atau menggaruk wajah karena dapat semakin memperparah iritasi kulit

    • Jika terdapat gejala gatal atau perih terasa mengganggu, redakan dengan kompres air dingin

    Semoga dapat bermanfaat

    dr. Daniel Ferrand