Tanya Dokter

  • Reaksi letupan di kaki setelah olahraga

  •  Izzati
    Anggota
    Begini dok, saya kan jarang melakukan olahraga. Nah sesekali saya ingin lari atau sekedar jalan kaki jarak jauh, efek setelah lari adalah adanya reaksi kejut di kaki. Jadi ketika saya meluruskan kaki pasca OR rasanya seperti ada yang meletup2 di dalam kaki terutama di bawah lutut. Letupan2 itu berlangsung 20 menitan setelah olahraga. Apakah itu normal dok ? Sebenarnya apa yang terjadi di dalam kaki sehingga seperti ada letupan2 itu ?
    Izzati  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Pada saat berolahraga, jantung memompa darah lebih kencang dari pada saat istirahat atau tidak sedang berolahraga. Begitu juga dengan pembuluh darah di kaki, aliran darah di kaki akan lebih cepat dari pada saat istirahat. 

    Ketika sudah lama tidak berolahraga, maka jika merasakan adanya rasa kejut, panas daerah paha, terasa sedikit pegal, dan teraba agak panas maka hal tersebut sebenarnya wajar. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena peningkatan aliran darah. Biasanya rasa kejut dan panas tersebut akan menghilang dalam waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam setelah beristirahat.

    namun selain itu, keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • varices pada kaki
    • gangguan pembuluh darah tepi
    • sumbatan pada pembuluh darah
    • gangguan elektrolit
    • kekurangan vitamin B

    oleh karena itu, sebaiknya anda membiasakan diri untuk berolahraga agar peredaran darah baik di jantung dan diseluruh tubuh lebih baik. Biasanya setelah rutin berolahraga, maka rasa kejut dan panas tersebut akan tidak terasa lagi.

    Tetapi jika keadaan yang anda alami terus menerus terjadi, atau jika terjadi pada saat anda sedang berjalan biasa maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    disarankan agar sebelum berolahraga lakuka peregangan dengan baik. Konsumsi cukup air putih. Setelah berolahraga, luruskan kedua kaki. Istirahat cukup

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Manfaat olahraga

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny