Tanya Dokter

  • Tangan terasa nyeri, bengkak dan mati rasa setelah suntik vitamin c

  •  Reri
    Anggota
    Hallo dokter...saya hari ini melalakukan suntik vitamin c di natasha yg ke 3xnya.. tapi pada suntik ke 3 ini saya disuntik ama dokter yg berbeda,dia nyuntik awalnnya di tangan dekat siku..tapi pembuluh darah saya pecah karnanya..lalu dia pindah ke pembuluh darah di punggung tangan..setelah disuntik tangan saya sakit,nyeri,bengkak dan mati rasa di punggung tangan itu..dokternya bilang gak apa apa..mohon beri penjelasan mengenai reaksi setelahh saya suntik itu dokter..trimakasih

    Halo, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan.

    Mungkin sebenarnya bukan pecah tetapi fiksasi pada saat penyuntikan bergeser sehingga tipbevel   dari jarum bergeser sehingga tidak masuk ke pembuluh darah lagi dan ada yang ke jaringan inipiun bisa sebagai penyebab timbulnya rasa nyeri dan bengkak.

    Jika ada warna kebiruan, maka mungkin ada perembesar darah dari pembuluh darah ke jaringa sekitar dan menyebabkan hematom, asalkan tidak terjadi perluasan hematom yang luas, hal ini tidak berbahaya dan akan menghilang sendiri dalam beberapa hari-minggu.

    Jika yang nyeri adalah pada punggung tangan Anda, maka pada penyuntikan agen seperti asam askorbat, hal ini bisa saja terjadi, karena suatu flebitis / radang pada pembul;uh darah balik (karena pada dasarnya pembuluh darah balik di punggung tangan lebih tipis daripada di lipat siku.

    Penyebab lain yang mungkin adalah infeksi pada injection site , terutama jika muncul kemerahan, nyeri dan basah / bernanah

    Pada kebanyakan kondisi flebitis (kecuali karena infeksi yang mungkin membutuhkan antibiotik) umumnya dapat membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari, kompres hangat, dan anti nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen (hati-hati jika ada riwayat alergi dengan anti nyeri dan gangguan lambung) sudah cukup.

    Akan tetapi jika dalam 2-3 hari tidak membaik, terdapat perburukan dan ada kecurigaan infeksi maka sebaiknya kunjungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

    flebitis

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

     

    dr. Lili