Tanya Dokter

  • Penggunaan penutup mata saat tidur dan garis merah pada sisi mata

  •  Febriani
    Anggota
    Selamat siang,Dok. Apa baik untuk menggunakan penutup mata dengan gel dingin saat tidur untuk membuat mata lebih relax? Apa garis merah pembuluh darah di sisi mata bisa dihilangkan? Terimakasih
    Febriani  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Febriani,

     

    Tidur menggunakan salah satu aktivitas tubuh yang diperlukan dengan tujuan untuk mengistirahatkan tubuh setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Setiap orang membutuhkan tidur. Pada orang dewasa umumnya memerlukan waktu untuk tidur sekitar 6-8 jam dalam sehari dan kebutuhan ini akan berkurang seiring dengan meningkatnya usia.

     

    Pada beberapa orang, tidur dirasakan lebih nyaman dengan menggunakan penutup mata. Penutup mata yang digunakan terdapat 2 jenis yaitu dengan tambahan berupa gel di dalamnya atau tanpa gel. Dengan menggunakan penutup mata maka akan terjadi peningkatan hormon melatonin karena suasana tidur yang lebih gelap merangsang pengeluaran hormon melatonin yang diperlukan tubuh untuk tidur dan dengan meningkatnya hormon tersebut maka kualitas dari tidur akan menjadi lebih baik.

     

    Selain itu, pada beberapa penelitian disebutkan bahwa dengan menggunakan gel dingin pada penutup mata maka akan pembuluh darah pada mata akan menjadi lebih kecil karena efek dingin dan hal ini dapat membuat kehitaman di sekitar mata menjadi memudar namun hal ini masih perlu dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut. 

     

    Adanya garis merah di sisi mata dapat disebabkan karena adanya riwayat trauma seperti bekas garukan, penipisan pembuluh darah akibat penggunaan obat tertentu pada kulit (seperti obat steroid krim) atau disebabkan karena dermatitis seperti dermatitis atopi.

     

    Pada umumnya tidak ada larangan untuk penggunaan penutup mata saat tertidur, namun mengenai adanya garis pada sisi mata sebaiknya lakukanlah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata sehingga dapat diketahui penyebab dari munculnya garis pada sisi mata dan anda dapat diberikan penanganan untuk mengatasi keluhan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan fisik yang telah dilakukan.

     

    Selain itu, anda disarankan untuk tidak menggunakan obat pada kulit secara bebas tanpa adanya anjuran dari dokter, apabila dirasakan gatal hindari untuk menggaruk dan anda dapat menggunakan kompres dengan air dingin untuk meredakan rasa gatal. 

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi