Tanya Dokter

  • Resiko onani pada penderita hipertensi

  •  Wiwin
    Anggota

    Pagi dokter saya seminggu yg lalu saya 3malam berturut2 mimisan banyak sekali...... kata dokter di klinik katanya pembuluh darah saya di hidung pecah..... pertanyaan saya adalah: apakah ini akibat saya yg penderita hipertenssi melakukan onani atau ada faktor lain..? terima kasih arief

    Hai Arief Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan mimisan hebat akibat dari pecahnya pembuluh darah belakang hidung. Mimisan ini berbeda dengan mimisan biasa karena biasanya perdarahannya banyak dan lebih sulit berhenti sehingga terkadang diperlukan tindakan berupa tampon untuk menekan pembuluh darah yang pecah, selain itu diperlukan penurunan tekanan darah segera. Mimisan yang terjadi secara umum adalah akibat pecahnya pembuluh darah hidung dibagian depan, misal akibat:

    • Mengorek hidung
    • Membuang ingus terlalu kencang
    • Udara kering
    • Terpukul
    • Dan lainnya.
    Mimisan ini cepat berhenti dengan cara memencet hidung, menunduk dan mengompres dingin pada pangkal hidung. Onani/masturbasi tidaklah berhubungan dengan kejadian mimisan. Sampai saat ini belum terbukti adanya efek buruk dari onani terhadap kesehatan tubuh, namun bila dilakukan berlebihan dapat menimbulkan gangguan psikologis. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Efek positif dan negatif dari onani Penyebab mimisan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william