Tanya Dokter

  • Cara pakai obat asma

  •  Asmi Ryu
    Anggota
    Dok, saya mau tanya saya baru habis dikasi obat dr dokter Retaphyl theophylline 300mg. Diketerangannya disuruh minum 2x sehari 1/2 kaplet. Itu maksudnya gmn dok ? Apa saya harus memotong obat tersebut ? Lalu yg sebagian saya simpan buat diminum berikutnya gt dok ? Terimaasih

    Hai,

    Obat tersebut mengandung teofilin, yang termasuk dalam kelompok obat xanthine bronchodilator. Teofilin akan mempermudah pernapasan, dan membantu meredakan gejala sesak napas, batuk, napas parau, dengan cara membuka saluran napas (bronkus) menjadi lebih lebar sehingga udara dapat mengalir lebih bebas. Obat ini dapat membuat otot-otot saluran napas menjadi lebih rileks serta menurunkan respons paru-paru terhadap penyebab iritasi. 

    Jika aturan mengkonsumsi obat tertulis 2 x 1/2 kaplet, hal tersebut menunjukkan bahwa obat dikonsumsi sehari dua kali, sebanyak setengah kaplet tiap kali mengkonsumsinya.

    Obat dipotong atau dibagi menjadi dua, dan separo sisanya dapat dikonsumsi untuk pemberian obat selanjutnya. Telan utuh obat, tidak dikunyah atau dihancurkan.

    Anda juga dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter yang meresepkan obat tersebut, agar memperoleh informasi lebih jelas mengenai kondisi kesehatan, obat yang diberikan maupun cara dan dosis pemberian obat. 

    Halaman berikut membahas Teofilin

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica