Tanya Dokter

  • Hubungan perbedaan rhesus darah dengan tingkat kesuburan

  •  dianasa
    Anggota
    Pagi dokter, Saya ingin tanya dok, Apakah jika rhesus pasangan beda akan berpengaruh pada besar kecilnya mempunyai keturunan? Jika berpengaruh, hal apa saja yg harus dilakukan untuk mendapatkan keturunan? Mohon pencerahannya. Terimakasih

    Halo,

     

    Pembagian golongan darah memiliki jenis ABO berdasarkan antigen pada permukaan darah dan rhesus. Rhesus ini membagi golongan darah menjadi 2 yaitu rhesus negatif (biasa dimiliki asia) dan rhesus positif (biasa pada kaukasia).

    Perbedaan rhesus sebenarnya tidak memperngaruhi kesuburan (fertilitas) pasangan. Namun perbedaan rhesus bisa menimbulkan komplikasi pada kehamilan jika ibu memiliki rhesus negatif dengan ayah rhesus positif dan janin yang dikandung ibu memiliki rhesus positif (seperti ayah) yang berbeda dengan ibu yang mengandung.

    Perbedaan rhesus tersebut bisa menyebabkan kematian janin / abortus atau komplikasi lain yang berbahaya bagi ibu dan janinnya itu sendiri.

    Jadi Anda tetap memiliki peluang yang besar untuk hamil namun kehamilan akan sangat beresiko tinggi jika terjadi perbedaan rhesus pada ibu dan janin.

    Untuk itu pada setiap kehamilan sangat disarankan bagi ibu untuk rutin memeriksakan kehamilannya ke dokter kandungan dan melakukan pemeriksaan medis untuk mengetahui kesehatan bayi.

    Semoga memperjelas.

     

    dr. Yusi