Tanya Dokter

  • flu, hidung tersumbat, dan sering bersin

  • Dok, saya ingin bertanya, sudah 1 minggu terakhir ini saya flu, hidung tersumbat, bahkan sering terasa dinding hidung saya seperti ditusuk2 akibat nya saya sering bersin2 dan hidung pun berair dan gatal, tolong diagnosa nya.

    Hai, Pada keadaan normal sehari-hari, kelenjar dari hidung kita memproduksi cairan lendir dalam jumlah yang tepat untuk menjaga fungsi normal hidung. Namun, produksi lendir ini dapat meningkat dan konsistensinya dapat berubah pada keadaan-keadaan tertentu. Pada saat-saat tersebut tubuh kita akan merasakan perasaan hidung berair, tersumbat, gatal, dan lainnya. Keadaan-keadaan yang dapat menyebabkan gejala-gejala tersebut diantaranya adalah :

    1. Infeksi - seperti flu, pilek, sinusitis
    2. Alergi - rinitis alergi
    3. Temperatur lingkungan yang terlalu dingin dan udara kering
    4. Deviasi dari septa hidung
    5. Perubahan hormon
    6. dan lainnya
    Apabila ingin membaca lebih lanjut mengenai beberapa penyebab tersebut Anda dapat membuka halaman berikut : http://www.alodokter.com/flu/ http://www.alodokter.com/pilek http://www.alodokter.com/sinusitis/ Untuk mengetahui diagnosis pasti dari keluhan Anda, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Dokter perlu untuk mengetahui lebih lanjut mengenai riwayat keluhan yang Anda alami, seperti bagaimana warna dan bau dari cairan hidung Anda? Apakah ini keluhan yang sering Anda alami secara berulang? Apa yang memicu timbulnya keluhan Anda? Selain itu pemeriksaan fisik secara langsung juga diperlukan untuk melihat kondisi di dalam hidung Anda, dokter mungkin akan perlu menggunakan alat seperti nasal spekulum dan senter. Jika diperlukan mungkin dokter akan menyarankan untuk dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang, seperti endoskopi nasal. Untuk sementara, ada beberapa hal yang Anda dapat lakukan di rumah untuk meredakan gejala tersebut:
    • Berkumur dengan air garam dan menggunakan obat tetes hidung saline (larutan garam)
    • Menghirup uap air hangat
    • Menggunakan balsem hangat
    • Cukup beristirahat
    • Konsumsi vitamin yang cukup
    • dan lainnya
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.

    Anthony Dza'im  Anthony Dza'im
    Anggota

    Terima Kasih kembali untuk balasan ny. :)