Tanya Dokter

  • efek yang timbul setelah berhenti merokok

  •  Reyn
    Anggota

    Permisi dok.... saya perokok aktif sehari  bisa menghabiskan 3 sampai 4 bungkus rokok... Sekitar seminggu yang lalu saya mulai berhenti merokok, tapi banyak keluhan yang  saya rasakan seperti pusing, flu, batuk dan sering merasa agak susah bernafas tapi tidak sesak.  Apakah itu merupakan efek sementara dari proses berhenti  merokok? Denyut jantung saya pada saat merokok antara 72-85 per menit, tapi saat ini setelah berhenti merokok denyut jantung saya turun antara  60-70  per  menit. Apakah  itu juga merupakan efek berhenti merokok? Apakah dengan denyut jantung  seperti itu normal? Mohon jawabannya dan terima kasih.

    Halo, Menghentikan kebiasaan merokok bukanlah hal yang mudah. Ketika seorang perokok berat berhenti secara tiba-tiba, akan muncul gejala yang dinamakan gejala putus nikotin. Efek yang timbul akibat penghentian nikotin itu bermacam-macam, seperti sakit kepala, mual, batuk, konstipasi, diare, cemas, sulit tidur, sulit berkonsentrasi, dan mengalami rasa lapar yang berlebihan. Gejala putus nikotin juga bisa memicu stres, menyebabkan uring-uringan, tereasa lemas, dan terasa tidak menyenangkan sehingga kadang orang merasa tidak ingin melanjutkan usahanya untuk berhenti merokok. Namun, jika anda ingin benar-benar sehat, maka sebaiknya anda tetap berusaha untuk berhenti merokok karena gejala-gejala tersebut hanya dirasakan terutama pada sekitar 48 jam setelah berhenti merokok dan berlanjut hingga 3-4 minggu sebelum semakin mereda. Anda dapat pula melakukan konsultasi pada dokter mengenai gejala-gejala itu sehingga dokter dapat memberikan saran dan anjuran yang dapat membantu anda mengatasi rasa lemas dan sakit yang dirasakan. Untuk meminimalisir gejala putus nikotin ada beberapa pilihan cara, antara lain :

    • Terapi pengganti nikotin (umumnya dalam bentuk karet atau permen pereda tenggorokan)
    • Menggunakan bantuan obat-obatan dalam anjuran dan saran dokter
    • Bersama konselor mengikut terapi perubahan perilaku
    • Rutin olahraga
    • Minum air yang cukup
    • Lakukan aktivitas lain yang menyenangkan seperti refreshing, jogging, atau yoga
    Semoga membantu, dr. Theresia