Tanya Dokter

  • Waktu yang tepat untuk melakukan rontgen

  •  Melika Bilqis
    Anggota
    Halo Dok, saya mau bertanya, 3 minggu lalu saya baru rontgen dada, dalam waktu dekat ini apa boleh rontgen lagi? Dan rontgen yang terakhir kali itu berlaku untuk berapa lama? Terima kasih.

    Hai Melika. Secara umum, bahaya radiasi dalam foto rontgen apapun itu, digunakan dalam dosis terkecil untuk menghasilkan gambar terbaik yang dapat membantu dokter untuk menegakkan diagnosa. Hal yang terpenting dalam resiko radiasi adalah dosis yang diberikan dan jarak. Selama dosis yang diberikan sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku, setidaknya bisa meminimalisasikan resiko dari radiasi terutama jika keadaan klinis anda mengharuskan anda melakukan foto rontgen dalam waktu berdekatan. Secara umum, rentang waktu yang dianjurkan untuk melakukan foto rontgen untuk bagian tubuh yang sama adalah sekitar 3 bulan. 

    Jika anda akan melakukan foto rontgen pada waktu dekat, anda dapat menginformasikan pada dokter anda terlebih dahulu. Mengingat foto rontgen adalah salah satu pemeriksaan tambahan, maka pastikan anda melakukan foto rontgen atas saran dokter bukan atas permintaan sendiri agar sesuai indikasi dan meminimalisasi resiko radiasi. KOnsultasikan lebih lanjut mengenai kondisi anda kepada dokter. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa