Tanya Dokter

  • Ruam dan bintik keunguan di leher belakang

  • selamat malam dok,

    saya mau bertanya, pada saat naik mobil, saya bersandar di bantal yang ada di kursi,

    setelah beberapa saat, saya merasakan gatal di bagian leher belakang saya, 

    pada saat saya raba, seperti ada gerombolan bintik bintik kecil, 

    pada awalnya saya biarkan saja, amun sudah 5 hari berlalu, bintik bintik itu menjadi semakin besar dan berwarna merah keunguan,,

    kira kirasaya sakit apa ya dok? apakah penyakit saya berbahaya ? penanggulangan yang tepat bagaimana ya dok kalau boleh tahu?
    terima kasih,

    wisnu

     

    Wisnu yang baik,

    ruam yang muncul pada kulit seseorang mengindikasikan adanya peradangan kulit. Kondisi ini sejatinya muncul sebagai reaksi tubuh terhadap paparan suatu objek atau substansi yang sekiranya dapat membahayakan tubuh sehingga tubuh membuat reaksi radang yang bertujuan membatasi paparan. Namun demikian reaksi radang ini sendiri meninggalkan manifestasi kulit yang dirasakan kurang nyaman oleh penderitanya seperti misalnya muncul ruam, rasa gatal, maupun perih. Beberapa kondisi yang memungkinkan terjadinya gejala ini meliputi :

    • iritasi atau alergi kulit terhadap bahan yang digunakan sebagai bantal
    • gigitan serangga atau kutu kecil yang berdiam pada bantal tersebut
    • infeksi jamur atau bakteri
    • biang keringat

    Pertama-tama kebersihan kulit tentu harus dijaga dengan membersihkan daerah ruam tersebut dengan air hangat dan sabun yang cocok. Oleh karena banyaknya kemungkinan penyebab ruam tersebut, maka penting untuk dilakukan evaluasi klinis langsung oleh dokter kulit untuk menentukan penanganannya. Dengan demikian penting bagi Anda untuk memeriksakan kondisi kulit Anda langsung pada dokter kulit untuk menentukan penanganannya. Berikut kami lampirkan artikel mengenai ruam kulit. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief