Tanya Dokter

  • ruam di kulit sekitar hidung

  •  mellypriska
    Anggota

    Dok, sudah sekitar 2 minggu terakhir hidung saya seperti mengelupas (seperti bersisik) terasa gatal dan panas. Setelah saya paksa cabut (sisik tsb), area pengelupasan malah semakin luas. Bagaimana solusi yang tepat dok ?

    Kulit kepala saya juga mengalami pengelupasan seperti bersisik dan terasa sangat gatal. Tapi kondisi ini hanya muncul pada saat saya terlambat untuk keramas. Bagaimana solusinya dok ?

    Terima kasih.

    Halo,   Kondisi kulit yang memiliki ruam dan bersisik bisa dikarenakan :

    1. Kulit kering.
    2. Alergi kosmetik.
    3. Penggunaan pembersih muka beralkohol.
    4. Psoriasis
    5. Dermatitis seboroik
    6. Infeksi jamur = ketombe.
    7. Lupus.
    8. dll.
    Baca artikel Kulit mengelupas. Sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter kulit agar dokter dapat mengidentifikasi penyebabnya. Dengan pemeriksaan langsung maka dokter bisa mengetahui penyebab keluhan Anda secara pasti. Hindari penggunaan kosmetik atau sabun muka yang bisa mengiritasi, hindari pembersih muka mengandung alkohol serta hindari mencabut sisik Anda. Baca artikel Kulit bersisik. Gunakan sabun hipoalergenik yang mengandung pelembab, oleskan pelembab lada kukit wajah, serta gunakan tabir surya, makan gizi seimbang, minum air putih. Pemberian obat oles serta shampoo khusus seperti shampoo anti jamur mungkin diperlukan untuk mengurangi keluhan Anda. Jika ruam membandel maka segera hubungi dokter untuk pengobatan maksimal. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi