Tanya Dokter

  • Ruam kemerahan pada kulit tetapi tidak gatal

  • Dok mau nanya saya sdh 1bln lebih kena ruam merah yang penampakannya seperti kandas/kurap,tetapi tidak terasa gatal hanya klau berkeringat ruam merah nya menjadi sekali lagi tidak gatal, sdh saya kasih obat anti jamur baik di oles atau di minum tetapi Tidak ada perubahan, obat oles nya, miconazole, kentonazole, dll, mohon di jawab ya dok sebenarnya saya sakit' apa ya dok

    Salam,

    Adanya ruam kulit, terutama hal ini sudah berlangsung selama 1 bulan, maka deskripsi ruam yang Anda berikan tidak dapat menentukan penyebabnya. Dengan demikian, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter keluarga Anda atau dokter spesialis kulit untuk memastikan penyebabnya. Pengobatan secara mandiri tanpa pemeriksaan dan evaluasi dokter akan beresiko terhadap efek samping obat yang dapat dirasakan.

    Berdasarkan info yang Anda sampaikan, beberapa kondisi di bawah ini dapat menyebabkan keluhan yang sama, seperti:

    1. infeksi jamur

    2. eksim

    3. scabies, atau penyakit ulit karena kutu

    4. alergi

    5. psoriasi atau penyakit kulit karena gangguan sistem imun.

    Masing-masing kemungkinan diatas mempunyai prosedur diagnosa dan perawatan, sehingga dengan pemeriksaan langsung ke dokter Anda, diharapkan dokter dapat melakukan pemeriksaan langsung dan menentukan kemungkinan penyebabnya. Pengobatan dan perawatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga gatal.

    dr. Ulfi