Tanya Dokter

  • Ruam merah pada tubuh disertai demam pada anak usia 5 tahun

  •  Devy P
    Anggota
    Dok adik saya berumur 5 tahun . Nah mulai tadi malam badannya dia panas . Baru tadi pagi di badannya semua pada banyak ruam merah gitu dia blg gak gatal . Cuman di tenggorokannya dia di kelenjar getah beningnya dia bengkak di pegang sakit . Itu kenapa dok ? Apa itu termasuk campak apa bukan ? Baru obatnya untuk menghilangkan ruamnya itu apa dok ? Trima kasih .

    Halo,

    Campak memilki gejala demam, mata merah, batuk pilek, dan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh saat tubuh masih mengalami demam. Campak merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus. Tidak semua ruam merah yang muncul bersamaan dengan demam disebabkan oleh campak. Beberapa penyakit dengan keluhan demam, muncul ruam merah dan disertai pembesaran kelenjar getah bening, adalah :

    1. Cacar air, merupakan infeksi virus Varisela zoster yang memberikan gejala demam, sakit kepala, pegal-pegal, ruam merah di seluruh tubuh,rongga mulut, di dalam telinga yang dalam beberapa hari berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang gatal.
    2. Penyakit Mulut Tangan dan Kaki, penyebabnya juga virus. Biasanya mengenai anak-anak. Namun pada kondisi kekebalan tubuh yang turun, orang dewasa dapat juga mengalaminya.
    3. Demam scarlet/Skarlatina, penyakit yang disebabkan bakteri. Gejalanya adalah demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, lidah berbintil-bintil merah ditutupi lapisan putih (lidah stroberi), mual muntah, pembesaran kelenjar getah bening, ruam kemerahan yang kemudian berubah menjadi hitam dan mengelupas.
    4. Rubella, campak jerman penyakit virus yang memberi gejala demam ringan, sakit kepala, pilek, mata merah, pembengkakan kelenjar getah bening, ruam kemerahan muncul pada hari ke 5 menderita sakit.
    5. Penyakit Kawazaki, merupakan penyakit yang melibatkan peradangan pembuluh darah diseluruh tubuh anak. Penyakit ini merupakan penyakit yang langka.
    6. Alergi obat, dapat muncul setelah anak sakit (misalnya demam) dan mengkonsumsi obat tertentu yang merupakan pencetus alergi. 

     

    Untuk mengatasi demam pada adik Anda, lakukan hal berikut :

    • Pastikan adik Anda mengkonsumsi air minum yang cukup.
    • Berikan kompres hangat di leher, ketiak dan lipatan paha untuk membantu menurunkan demam.
    • Sediakan makanan dalam porsi kecil namun sering. Utamakan makanan lunak yang mengandung kuah.
    • Bila adik Anda rewel dan demam, orang tua Anda boleh memberikan obat pereda nyeri dan demam yang dijual bebas. Pastikan membaca petunjuk pemberian obat yang tertera di kemasan obat.
    • Ajak adik Anda beristirahat dalam ruangan yang nyaman dan tidak terlalu dingin. Beri pakaian yang longgar dan tipis untuk membantu tubuh menurunkan demam dengan penguapan keringat di kulit.

     

    Menentukan apa penyebab dan diagnosis suatu penyakit, dibutuhkan pemeriksaan medis yang dilakukan langsung oleh Dokter.

    Bila dalam 3 hari (72 jam), demam dan keluhan yang lain belum membaik, sebaiknya sarankan orang tua Anda untuk memeriksakan adik langsung ke Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan medis menyeluruh dan melihat langsung kondisi adik Anda. Bila perlu, Dokter akan merujuk untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah di laboratorium. Penanganan yang sesuai akan diberikan oleh Dokter.

    Anda dapat membaca mengenai Demam dalam artikel Alodokter dengan klik di sini.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr. Caecilia Haryu Aryapti.