Tanya Dokter

  • Penyakit dengan gejala demam, BAB keluar darah, serta muncul ruam merah di tubuh

  • Selamat siang dokter, sebelumnya saya mau kasih tahu jika saya seorang penyuka sesama jenis dan telah berhubungan intim dengan berbagai pasangan. Sekitar lebih dari sebulan yang lalu setiap kali BAB pasti mengeluarkan darah dan itu terjadi selama kurang lebih satu minggu. Nah tidak lama kemudian saya mengalami demam selama semalam saya pikir itu karena masuk angin. Dua hari kemudian saya lihat di telapak tangan saya muncul bintik-bintik merah namun tidak gatal dan saya mengabaikannya karena saya pikir akan hilang dengan sendirinya namun ternyata salah. Selama dua minggu kemudian bintik-bintik merah ruam itu semakin banyak dan menyebar ke telapak kaki dan punggung saya dok, lantas saya memeriksakan diri ke dokter sp. kulit dengan ibu saya. Setelah saya menyampaikan keluhan dan menunjukan bagian ruam tersebut lantas dokter itu menyuruh ibu saya keluar dulu. Nah ketika tinggal kami berdua tiba-tiba dokter menanyakan apakah saya punya pacar lalu saya jawab tidak. Kemudian dia melanjutkan, "Kalau pacar laki-laki?" saya jawab dengan agak gugup dan kaget "pernah". "Berapa kali ganti? Sepuluh ada?" saya jawab "ada dok". Lalu dia meminta saya menunjukan anus saya yang memang selama ini saya kira ambeien karena terdapat benjolan juga. Lalu dokter meminta saya untuk cek lab dan jika hasilnya keluar untuk segera diserahkan pada dokter itu dan hasilnya baru keluar besok dok. Pertanyaannya dari kaca mata dokter sendiri apakah kira-kira saya positif HIV? Dan cek lab yang dimaksud apakah itu tes HIV? Mohon pencerahannya dokter, saya sangat khawatir sekali.

    Oh iyaa dok untuk sementara ini saya dikasih resep obat: Methylprednisolone 8mg (2x sehari sesudah makan), Levofloxacin 500mg (1x sehari sesudah makan), Cetirizine 10mg (1x sehari setelah makan), Salep dua buah untuk pagi dan malam. Sudah saya konsumsi obat-obat tersebut dok (Saya periksa dokter kemarin), namun belum ada pengaruhnya malah bagian penis dan kantung zakar saya tiba-tiba gatal dok setelah mengonsumsi obat tersebut. Namun justru eksim saya yang sepertinya mulai sembuh dan mengering (saya sebelumnya juga punya penyakit eksim dok).

    Halo William...... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa virus HIV sendiri apabila menginfeksi seseorang tidak serta merta menimbulkan gejala - gejala yang berat. Perlu waktu yang cukup lama hingga infeksi HIV berkembang menjadi kondisi AIDS. Jika memang Anda melakukan hubungan seksual dengan sesama jenis tanpa menggunakan kondom dan Anda tidak mengetahui riwayat seksual dari pasangan Anda, maka Munculnya ruam memang dapat saja mengarah ke gejala - gejala suatu infeksi HIV. Selain dari ruam yang timbul pada kulit, gejala HIV yang lain diantaranya adalah : Demam, kelelahan, nyeri pada kelenjar getah bening, pegal --- linu, sakit kepala, nyeri otot, sakit tenggorokan, dll. Kami sangat menyarankan kepada Anda untuk menunggu hasil laboratorium yang telah dilakukan dan keputusan dari Dokter. Setelah itu ikutilah instruksi dan pengobatan dari Dokter yang nantinya diberikan kepada anda. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : HIV Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. salam, Dr. jati

    Nah dok hasil tesnya sudah keluar, isinya seperti ini: Nama pemeriksaan       Hasil          Nilai Rujukan       Satuan        Keterangan IMUNO SEROLOGI VDRL/RPR                  Reaktif 1: 128       Non Reaktif Saran : Untuk memastikan adanya infeksi sifilis, lakukan pemeriksaan TPHA. Hasil pemeriksaan harus dikorelasikan denegan kondisi klinis, faktor risiko dan hasil laboraorium lainnya TPHA                            Reaktif 1: 1,280   Non Reaktif Terbilang : Seribu delapan ratus dua puluh. Dokter bilang saya positif HIV dan ada sifilisnya juga. Saya googling apa itu VDRL/RPR dan TPHA dan katanya itu adalah tes sifilis. Jadi sebenarnya hasil tes di atas itu hasil tes HIV atau sifilis dok? Dan jika bisa, tolong jelaskan tentang isi hasil tes itu dok soalnya dokter yang saya temui itu tidak menjelaskan hasilnya dan hanya bilang saya positif HIV dan sifilis. Mohon bantuannya dok,

    Maaf dok koreksi, terbilang seribu dua ratus delapan puluh. Dan jika saya memang terinfeksi HIV apakah ada harapan untuk sembuh dok? terima kasih.