Tanya Dokter

  • Ruam dan gatal-gatal pada kulit

  •  Mega Moetz
    Anggota

    Mlm dok, Saya wanita 27 taun..beberapa hri yg lalu saya ke dokter karna nafas saya serasa pendek...dan pusing.lalu saya dberi obat.dan keesokan hrinya saya sesudah mkn obat dsiang hri kuñit saya menjadi bintik2 merah dan gatal... Apakah saya salh dksih obat atau alergi obat..apakah saya hrz memeriksakan darah saya.. Krna sampai saat ini jantung saya sering berdebar.. Mohon solusi nya.. Trima kasih

    Halo,   Bercak dan bintik kemerahan yang timbul paska minum obat bisa disebabkan karena Anda alergi terhadap salah satu komponen obat yang diminum atau memang karena perkembangan penyakit Anda yang sebelumnya. Untuk itu segeralah periksakan diri Anda kembali ke dokter yang merawat Anda. Dengan begitu dokter bisa mengetahui dengan pasti apakah keluhan Anda ini efek dari obat yang diberikan atau bukan. Beberapa kemungkinan penyebab keluhan Anda antara lain adalah :

    • Alergi obat.
    • Infeksi virus
    • Dermatitis/ eksim
    • dll.
    Gejala alergi obat biasanya timbul secara sistemik (menyerang seluruh tubuh) dan terjadi cepat. Beberapa gejala yang mungkin dikeluhkan adalah :
    1. rasa gatal pada seluruh tubuh.
    2. bercak kemerahan dan rasa panas pada tubuh.
    3. bengkak pada wajah terutama mata dan bibir
    4. sesak nafas.
    5. Keringat dingin
    6. Jantung berdebar
    7. dll.
    Gejala diatas biasa timbul segera atau beberapa saat setelah Anda mengkonsumsi salah satu jenis obat tertentu. Segera hubungi dokter jika gejala Anda memburuk dan hentikan mengkonsumsi obat Anda untuk sementara waktu sampai Anda memeriksakan diri ke dokter. Untuk mengurangi gejala Anda maka penyebabnya perlu diketahui terlebih dahulu. Untuk mengurangi rasa gatal maka Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :
    1. Mengoleskan lotion calamin pada daerah yang gatal.
    2. Hindari menggaruknya, tepuk / usap ringan bagian yang terasa gatal.
    3. Kenakan baju yang tidak mengiritasi dan berbahan katun.
    4. Minum obat pereda gatal seperti CTM yang aman dikonsumsi.
    Baca topik Gatal dan gatal paska minum obat. Semoga membantu.   dr. Yusi