Tanya Dokter

  • Bentol seperti jerawat dan gatal

  •  Harnowo Jonas
    Anggota

    Gini dok saya mengalami bentol bentok seperti jerawat. Dan gatal sekali. Saya disuru temen pake Acid salicyl solutio buat bersiin dan minum antibiotik cipro sama di kasih salep isinya gentamisin sulfat. Nah waktu saya oleskan acid salicyl kenapa kulitnya jadi terkelupas? Apakah berbahaya?

    Halo, Salicyl acid, atau asam salisilat, merupakan salah satu obat-obatan yang mempunyai sifat keratolitik, atau membuat lapisan keratin pada kulit mengelupas. Asam salisilat, umumnya digunakan untuk mengatasi jerawat, dan beberapa penyakit kulit dimana sel-selnya berproliferasi secara berlebihan seperti psoriasis, ketombe, callus, dan kutil. Dari keluhan yang Anda rasakan, kemungkinan Anda dapat mengalami:

    Antibiotik digunakan apabila mengalami infeksi yang disebabkan oleh karena bakteri. Penggunaan antibiotik yang ceroboh tanpa berkonsultasi dengan dokter yang memeriksa langsung, dapat menyebabkan pengobatan tidak maksimal. Apalagi jika dosis dan regimennya tidak tepat, dapat menimbulkan resistensi. Untuk mengetahui penyebab keluhan yang Anda rasakan, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri kepada dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, kemudian dari hasil pemeriksaan tersebut dokter dapat menentukan penyebab serta pengobatan yang tepat. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha