Tanya Dokter

  • Anak mengalami ruam akibat susu

  • Dok anak saya berumur dua bulan tanggal 12 besok.. Saat ini ia terkena ruam susu.. Wajahnya merah seperti terbakar. Ia sering menggaruk dan rewel bahkan tidak tidur di malam hri. Saya sudah menghindari mkanan protein, mengganti sabun nya dengan lataccid baby yang ph nya lbh rendah.. Saya juga menggunakan lotion setelah mandi tapi ruam nya tak kunjung sembuh. Tadi pagi saya sudh membawanya kedokter dan diberi salep.. Apakah ada solusi atau obat yng bisa menyembuhkan ank saya dok??

    Salam,

    Adanya ruam susu terjadi akibat hygienitas kulit bayi akibat paparan sufor ataupun ASI pada kulit yang beralngsung berulang. Dengan demikian, proses membersihkan kulit bayi agar tetap terhindari dari paparan ASI atau Sufor merupakan hal yang penting.

    Setelah Anda berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan pengobatan, maka sebiknya Anda melanjutkan pengobatan ini dalam 3-5 hari selanjutnya. Dengan pembersian salep tersebut, diharapkan ruam akan membaik dalam 5 hari. Oleskan secara rata dan tipis, tidak perlu tebal, dan sebaiknya lindungi kulit saat terpapar matahari. Dan selama perawatan, kita tidak dapat berbuat apa-apa, kecuali tetap menjaga kebersihan kulit dari resiko paparan ASI atau susu dan menjaga kebersihan kulit. Jangan memberikan bermacam-mavam obat salep atau obat oles lain, karena hal ini kemungkinan akan menambah masalah baru pada kulit.

    Bila ruam kulit bayi sudah mengering, jangan dikelupas, untuk mencegah perlukaan pada kulit di bawah ruam. Kulit akan sedikit gelap, dan beriring waktu akan membaik sesuai warna kulitnya.

    Bila dalam 7 hari ruam belum kering, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit atau dokter spesialis anak utuk pemeriksaan lebih jauh. Dokter akan melakukan pemeriksaan langsung terhadap keluhan ini. Pengobatan dan perawatan lanjutan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan dokter.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi