Tanya Dokter

  • Saat berhubungan intim ada flek merah

  •  Ambar Wulan
    Anggota
    Hello dok.. Saya mau tanya, saya wanita umur 25tahun, saya perna mengalami keguguran dan hampir 2tahun ini saya belum jg hamil..saya suda mencoba konsultasi dgn beberapa dokter kandungan, di USG juga kandungan saya baik2 aja namun belum jg ada yg berhasil.. Mohon solusinya dok?? Saya juga mau tanya, saya suda satu minggu selesai menstruasi saya berhubungan intim dengan suami tidak mengeluarkan cairan flek merah namun setelah dpt 4hari saya berhubungan intim lg.. Dan saat selesai suami saya membersihkan nya dengan tisu, d tisu terdapat flek merah namun bukan darah dok.. Seperti cairan.. Apakah berbahaya dok? Terima kasih

    Halo Ambar.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

     Jika memang cairan berwarna merah, maka hal tersebut kemungkinan besar darah. Pendarahan yang terjadi pada saat atau setelah berhubungan seksual, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. 

     Berikut ini beberapa hal yang dapat memicu timbulnya pendarahan setelah berhubungan seksual, diantaranya adalah: sedang memasuki masa - masa menstruasi, kurangnya cairan lubrikasi, ektropion serviks, polip yang tumbuh di leher rahim, Peradangan pada vagina, Atrofi vagina, vagina kering, cedera pada lapisan rahim, luka genital akibat penyakit menular seksual, kanker serviks.

     Apabila pendarahan ini baru pertama kali Anda alami, maka Anda tidak perlu khawatir berlebih. Akan tetapi, jika pendarahan selalu terjadi pada saat Anda berhubungan seksual, maka kami sangat menyarankan untuk segera menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya Diketahui.

     Sedangkan untuk cepat mendapatkan momongan, kami sangat menyarankan kepada Anda untuk melakukan hubungan seksual secara teratur tiga sampai dengan empat kali dalam seminggu tanpa menggunakan alat kontrasepsi apapun, dan minumlah asam folat 400 mikrogram perhari

     Selain Berhubungan seksual secara teratur, Anda dan pasangan juga diharuskan melakukan pola hidup sehat, diantaranya adalah: kelola stres psikologis, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, jangan begadang, stop merokok dan jangan minum minuman keras, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, perbanyak makan buah dan sayur.

     Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    PENDARAHAN SETELAH BERHUBUNGAN SEKSUAL

    TIPS MENDAPATKAN MOMONGAN LEBIH CEPAT

     Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati