Tanya Dokter

  • Kram dari kepala sampai kaki saat demam tinggi

  • Slamat mlm dok. maaf.. saya mau tanya..

    Begini dok.. kalau penyakit  saya kambuh. yg saya rasakan adalah panas yg sangat tinggi, sampai baju saya basah kuyup dengan keringat saya sndiri. kmudian setelah panasnya berakhir, maka muncullah rasa dingin menggigil yg sangat luar biasa. panas & dingin tersebut terus berulang smpai pada saat panas tertinggi terasa, badan saya akan terasa keram dan sangat sakit bila dipaksa utk digerakan. saking sakitnya saya tdak bisa menahan diri saya untuk berteriak-teriak sehingga banyak yg mengira saya kesurupan. padahal saya tahu persis apa yang sedang terjadi saat itu karna saya tidak kehilangan kesadaran. Mohon bantuannya dok. usia saya 21 tahun, dan pnyakit sya ini sudah mulai kambuh-kambuhan sejak 2 tahun yg lalu. Terimakasih sebelumnya.. :)

    Hai Pada saat panas  yaitu tubuh dalam keadaan demam, dimana kondisi suhu tubuh melebihi 37.5 derajat Celcius. Bila panas menurun misalnya setelah minum obat penurun panas seperti paracetamol, atau panas turun dengan sendirinya, maka tubuh akan merespon dengan mengeluarkan keringat berlebih sehingga terasa tubuh menjadi dingin. Dan bila suhu tubuh kembali naik dan badan kembali demam, maka tubuh akan merespon dengan menggigil karena kedinginan padahal tubuh panas. Ini merupakan respon normal manusia saat kondisi tubuh demam. Selain itu saat kondisi demam akan disertai gejala seperti pegal otot, nyeri pada sendi seluruh tubuh, sakit kepala, dan pusing. Yang perlu dicari tahu apakah penyebab demam yang sering naik turun tersebut. Penyebab demam paling sering adalah infeksi, dan penyebab jarang seperti kanker. Infeksi dapat disebabkan oleh bakteri misal pada penyakit tifus, infeksi saluran kemih, TBC (tuberkulosis), virus (influenza, demam berdarah dengue), parasit seperti malaria, dan jamur. Untuk memperkirakan penyebabnya diperlukan informasi lebih lengkap mengenai pola dan lama demam serta gejala penyerta lain. Bila diperlukan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, urin, dll tergantung keperluan dan jenis penyakit. Informasi mengenai demam dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Demam. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Alfian Chelsea  Alfian Chelsea
    Anggota

    wahh.. teimakasih skali dok atas jawabannya :) saya jdi lebih banyak tau.. tapi bgaimana dengan rasa keram yg luar biasa sakit dari kpala sampai kaki saat panas tinggi menyerang. apa itu termasuk kejang dan tergolong penyakit serius?? wktu awal2 kambuh. sya pernah cek darah. mnurut dokternya sya trkena gejala liver. apa yg saya ceritakan ini juga trmasuk dari gejala liver??

    Hai Alfian Kejang saat demam umumnya terjadi pada anak-anak antara usia 6 bulan sampai 5 tahun. Gejalanya adalah kaku pada kedua tangan dan kaki diikuti dengan gerakan kelojotan, disertai gigi merapat dan pada mendelit ke atas. Demam dapat terjadi pada berbagai macam penyakit terutama akibat infeksi, salah satunya adalah infeksi liver (hepatitis). Bila ada gangguan pada liver umumnya disertai gejala mual, muntah, nyeri perut kanan atas, mata kuning serta urin yang berwarna seperti teh pekat. Untuk memastikan penyebab dema diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Alfian Chelsea  Alfian Chelsea
    Anggota

    wahh.. sesuai dgn yg sya alami dok.. tangan kaku, skujur tubuh keras dan trkesan kelojotan. tpi mungkin ga dok pnyebab dri yg saya alami ini bukan karna liver?? soal'a sya tdak memiliki ciri2 penderita liver pda umumnya, sperti misalnya mata, kulit & kuku kuning, warna urin sprti teh, atau bahkan perut buncit. saya tdak memiliki ciri2 sperti itu dok. bsa tolong dijelaskan lagi? terimakasih sebelumnya dok :)

    siang dok, penyakit yang saya rasakan sama percis dengan sodara alfian, waktu saya semasih sekolah SMP saya sering , mengalami/kambuh bisa jadi sebulan sekali, setelah lulus smp bisa dihitung lah rata rata 1 tahun 3-4 kali. kemarin tgl 15 maret 2016 penyakit itu kambuh dok, panas pada bagian leher sampai kepala sedangkan badan dingin disetai dengan keram yang parah, seperti orang sakit stif/ayan namun kalau saya sadar tidak kehilangan kesadaran. mohon dok dinfo kan, saya capek dok bila harus kambuh kambuh terus.