Tanya Dokter

  • Keluar darah menggumpal saat haid

  • Dok saya shinta, saya setiap haid selalu sakit yg tak tertahankan nyeri nya, sampai panas dingin, mual, perut perih dan kram, keringat dingin, dan sering kali pingsan karna tidak bisa menahan rasa sakitnya padahal sudah minum obat pereda nyeri. Dan selalu keluar daging saat haid dan itu bukan gumpalan darah yg kental. Tetapi itu daging yg berwarna pucat besarnya seukuran 2 jari (telunjuk dan tengah) kira kira apakah berbahaya?

    Selamat Pagi Shinta,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Haid merupakan siklus alami wanita berupa luruhnya dinding rahim dengan siklus 21-35 hari, gejalanya adalah keluar darah melalui vagina selama 3-7 hari, dengan volume darah rata-rata dalam sehari sekitar 3 sendok makan. Memang terkadang pada masa awal haid, wanita akan merasakan perut tidak nyaman. Apabila pola haid Kamu lebih pendek atau lebih panjang dari penjelasan di atas, volume darah yang keluar lebih banyak, atau bahkan disertai keluhan nyeri hebat sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, tentunya hal ini perlu diwaspadai, sebaiknya Kamu ke Dokter Umum atau langsung ke Dokter Spesialis Kandungan agar dapat dievaluasi penyebab dasar keluhan Kamu, hindari menerka-nerka. Dokter akan melakukan anamnesis (tanya jawab Dokter-Pasien), pemeriksaan fisik, bila perlu pemeriksaan penunjang seperti USG, kemudian memberikan penanganan sesuai dengan masalah kesehatan yang ditemui. Apabila yakin bahwa yang keluar melalui vagina bukan gumpalan darah melainkan gumpalan daging, maka terdapat kemungkinan Kamu mengalami keguguran, namun sekali lagi, perlu dilakukan anamnesis (termasuk menanyakan status pasien menikah atau tidak) serta pemeriksaan lainnya untuk memastikan kondisi Kamu.

    Berikut beberapa kemungkinan yang terjadi:

    Beberaa masalah kesehatan di atas dapat disembuhkan dengan pengobatan ataupun operasi, apabila tidak ditangani dengan tepat, tentunya dapat menimbulkan berbagai komplikasi. Oleh karena itu sebaiknya Kamu saat ini ke Dokter ya.

    Upaya lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan: kompres hangat pada bagian perut yang sakit, istirahat, konsumsi makanan kaya nutrisi, tingkatkan asupan zat besi, jaga kebersihan organ intim.

    Sekian semoga bermanfaat,

    dr. Annes