Tanya Dokter

  • Keamanan komposisi sabun pembersih wajah

  • Dok apakah pembersih wajah yang berkomposisi dibawah ini tidak berbahaya? Bagaimana reaksinya? : Coconut Oil, Sodium Hydroxide, Water, Olive Oil, Stearid Acid, Propyllenglicol, Glycerin, Syrup, Fragrant Snapy, Extract Pure Swallow (Walet), Jojoba.

    Hallo Elis

    Kandungan setiap produk pembersih wajah kurang lebih sama, yang berbeda biasanya pada kandungan pewangi dan zat-zat tambahan lainnya yang diklaim mampu membersihkan wajah lebih baik dari pada produk serupa. 

    Bahaya atau tidaknya suatu produk pembersih wajah bisa berbeda-beda pada setiap indiviud, karena beberapa orang memiliki kemampuan daya tahan yang lebih kuat sehingga tidak terpengaruh suatu zat, namun ada juga yang sensitif sehingga langsung mengalami suatu keluhan jika terpapar suatu zat.

    Seperti contohnya adalah kandungan sodium hydoxide, adalah suatu zat yang bersifat korosif (merusak/menghancurkan jaringan) terutama jika terpapar dalam dosis yang cukup besar, zat ini mungkin akan membuat kulit terkelupas atau mengangkat lapisan kulit terluar namun bisa menyebabkan kulit terbakar apabila kulit Anda sensitif terhadapnya atau jumlah kandungannya terlalu besar.

    Maka itu diharapkan berhati-hati dalam penggunaan produk kecantikan dan pembersih wajah, karena efeknya tidak selalu sama pada setiap orang bergantung pada kondisi kulit masing-masing individu.

    Memeriksakan ke dokter kulit dahulu untuk mengetahui jenis dan kondisi kulit Anda merupakan solusi terbaik, dengan begitu dapat diketahui jenis dan tipe kulit Anda sehingga bisa ditentukan produk-produk pembersih wajah/kecantikan jenis apakah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

    Anda juga bisa membaca artikel mengenali jenis-jenis kulit cara merawatnya

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold