Tanya Dokter

  • tenggorokan sakit untuk menelan serta kepala belakang terasa seperti dicengkram

  • assalamualaikum wr wb dok saya busui anak 20bulan .. sudah 4hari ini tenggorokan sakit buat nelen,kepala bagian belakang pun terasa seperti dicengkeram telinga juga ikutikutan sakit.. leher bagian kanan sedikit sakit kali di raba.. itu kenapa ya dok... mohon pencerahanya dok... terimakasih..

    mohon kiranya dok menhawab pertanyaan saya...

    Yuna Cocolate Firdaus  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Yuna, Hai ibu Yuna, keluhan yang anda rasakan mungkin disebabkan akibat adanya peradangan pada tenggorokan sehingga menimbulkan nyeri saat menelan, leher yang nyeri mungkin akibat peradangan dan pembengkakan KGB di daerah tersebut. Sakit kepala juga merupakan bagian dari masalah ini, karena pada dasarnya semua infeksi/peradangan di kepala dan leher (radang tenggorok, hidung, sinus, telinga, dsb semuanya dapat menyebabkan nyeri kepala). Faringitis / radang tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi baik virus, jamur ataupun bakteri. JIka berlangsung baru/singkat disebut akut, dan jika berkepanjangan disebut kronik. Anda dapat melakukan beberapa upaya berikut untuk penanganan dirumah :

    1. Istirahat yang cukup dan konsumsi multivitamin
    2. Konsumsi penambah daya tahan tubuh
    3. BAnyak minum air putih
    4. berkumur dengan air garam tiap 3-4 jam sekali
    5. Jika batuk, anda dapat mencoba campuran jeruk nipis dan madu/kecap
    6. berkumur dengan obat kumur antiseptik
    7. makan makanan yang agak lunak sehingga dapat mengurangi nyeri
    8. Parasetamol dapat anda gunakan untuk mengurangi demam
    Jika tidak berhasil, coba untuk mengunjungi dokter. Antibiotika hanya diberikan jika penyebabnya adalah bakteri, Jika virus (90%) umumnya hanya memerlukan pengobatan untuk meredakan gejala dan menopang daya tahan tubuh. berikut beberapa artikel yang mungkin membantu faringitis diskusi nyeri menelan demikian yang dapat saya sampaikan, semoga membantu.