Tanya Dokter

  • sariawan sampai kadang tidak bisa makan

  • ass... sore dok... dok mw taNya sy seriNg sariawan dibibir,Lidah,n gusi... kadaNg Lw Lg parah mpe gk bisa makan...perih.. sdh kedokter dksh antibiotik n vitamin aj... sy takut dok... sebenarny it gejala peny ap? mksh dok...

    Hai,   Penyebab sariawan tersering adalah karena kekurangan vitamin B dan C, namun penyakit sariawan bisa juga dipicu oleh penyebab lain seperti :

    1. Pasta gigi mengandung deterjen
    2. Trauma akibat sikat gigi yang terlalu kasar, kebiasaan mengunyah makanan terburu- buru, penggunaan gigi palsu yang tidak sesuai dll.
    3. Genetik
    4. Gangguan imunologi  / daya tahan tubuh yang lemah
    5. Alergi
    6. Stress / Kecemasan
    7. Merokok
    8. Infeksi Bakteri / jamur karena kebersihan mulut yang kurang, dll.
    9. Penyakit sistemik
    10. efek samping obat dan kemoterapi
    11. Gejala awal kanker mulut 
    12. dll
    Penanganan sariawan bisa dengan memberikan obat anti jamur dan anti inflamasi dalam bentuk gel, salf atau tablet yang disesuaikan dengan kondisi pasien. Untuk mengurangi keluhan, Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini :
    1. Makan nutrisi seimbang kaya akan asam folat, zat besi, zink, vitamin B dan C seperti cereal, wijen, gandum, telur, brokoli, jeruk, apel, kunyit , pisang, pepaya, yogurt dll.
    2. Menggunakan sikat gigi halus dan pasta gigi yang khusus.
    3. Banyak minum cairan seperti air putih hangat suam kuku, air kelapa, madu dll
    4. Perbanyak sayur dan buah dalam menu diet.
    5. Berkumur dengan air hangat suam kuku dicampur sedikit garam.
    6. Ganti pasta gigi Anda.
    7. Berhenti merokok.
    Jika  dengan melakukan tindakan diatas namun sariawan masih suka kumat maka pemeriksaan lanjutan ke dokter bisa Anda pertimbangkan. Dengan pemeriksaan dan tes medis lanjutan diharap bisa diketahui penyebab pasti keluhan Anda dan penanganan bisa diberikan seoptimal mungkin. Untuk bahasan terkait Anda  bisa membaca Sariawan. Semoga membantu.   dr. Yusi

    KMren semiNggu baru hiLang sariaWan di Lidah dok... eh 2hari kemudian munCuL Lg sariaWan diLidah... biNgung n taKut sy dok...

    Hai,   Jangan terlalu khawatir sebelum Anda melakukan pemeriksaan menyeluruh dan seksama. Walaupun sariawan yang hilang timbul sering membuat resah penderitanya namun biasanya tidak bersifat fatal. Adapun beberapa ciri sariawan yang perlu diwaspadai adalah :

    • Tidak sembuh setelah pengobatan > 1 bulan.
    • Sering berdarah bahkan tanpa adanya trauma.
    • Semakin membesar.
    • Disertai dengan penurunan berat badan dll.
    Perbaiki pola makan dan hidup sehat dengan cara seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Jika tidak membaik maka periksakan ke dokter ahli penyakit dalam untuk pemeriksaan menyeluruh.   Semoga membantu.   Dr. Yusi

    terIma kasih dokter penjeLasanya....

    Assalamualaikum dokter Saya kalo sakit pasti sariawan, tenggorokan sakit, bibir pecah-pecah, Sariawan membuat nafsu makan saya kurang, sariawan muncul diseluruh lidah Bagaimana obat nya?