Tanya Dokter

  • Perut terasa tidak nyaman setelah pengobatan TBC memasuki bulan keempat

  • Malam dok, saya penderita TBC saya sudah pengobatan masuk bulan ke 4 . Sudah 4 hari ini perut saya sering bunyi dan terasa tidak enak yg berpindah2 dibagian perut, saya juga tidak ada rasa untuk BAB.

    Hai Pada keadaan normal, perut dapat berbunyi akibat suara kontraksi usus yang mendorong cairan makanan beserta gas ke arah anus. Namun jika bunyi usus terlalu sering dan disertai nyeri perut, mungkin adanya suatu kelainan seperti

    • Infeksi atau peradangan usus, selain nyeri perut juga biasanya disertai gejala mencret atau perubahan pola BAB.
    • BAB tidak lancar (konstipasi) sehingga kontraksi usus meningkat yang menyebabkan bunyi usus pun meningkat.
    Dikarenakan informasi yang sangat terbatas, sangat sulit untuk menentukan kira-kira apa penyebabnya, untuk lebih pasti sebaiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan langsung, dan bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG perut. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william