Tanya Dokter

  • flu disertai demam dan diare

  •  joe
    Anggota
    awalnya saya sakit flu, bersin dan lumayan panas. lalu saya minum procold untuk menyembuhkannya dan agak mendingan sekitar 1 hari. setelah itu, perut saya kembung, diare, sakit pada perut, hidung tersumbat, sakit kepala, sakit leher, mata agak sakit efek sakit kepala. lalu panas namun jika dibawa tidur panasnya mereda tapi sebentar lalu panas lagi. saya meminum diapet untuk mengurangi diarenya dan selang 8 jam saya minum ibuprofen untuk meredakan panas dan sakit kepala dan agak mendingan. saya sakit apa ya dok? penyembuhannya bagaiman? tolong secepatnya, ini sudah hari ke-4 dan terima kasih

    Hai Joe,

    Bila Anda mengalami demam, hal ini dapat menjadi indikasi adanya infeksi dalam tubuh baik akibat virus, bakteri maupun parasit. Demam merupakan kondisi di mana suhu tubuh berada di atas 37,5 derajat Celsius. Peninggian suhu tubuh ini sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh.

    Demam seringkali disertai dengan timbulnya gejala yang lain seperti flu, sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, diare, mual dan muntah, dan sebagainya. Mengingat gejala yang Anda alami beraneka ragam dan tidak khas menunjukkan suatu penyakit tertentu, untuk memastikan penyebabnya tentunya akan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

    Berikut ini berbagai kemungkinan penyebab timbulnya demam:

    -Berbagai jenis infeksi virus dan bakteri (flu, radang tenggorokan, gastroenteritis, tifus, disentri, cacar air, infeksi saluran kemih, dan sebagainya)

    -Infeksi akibat gigitan nyamuk (demam berdarah, malaria, chikungunya)

    -Hipertiroidisme (kadar tiroid dalam darah tinggi)

    -Arthritis

    -Berdiri terlalu lama di bawah matahari

    -Keganasan

    -dan sebagainya

    Untuk dapat memastikan penyebab keluhan yang Anda alami sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain pemeriksaan fisik, dokter akan menganjurkan tes penunjang jika diperlukan (seperti tes darah dan sebagainya) untuk menelusuri penyebabnya sehingga pengobatan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan penyebab dasarnya.

    Semantara ini berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:

    -Beristirahat cukup dan konsumsi makanan yang bergizi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh

    -Hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas, berlemak, atau menimbulkan gas

    -Perbanyak konsumsi air putih 2-3 liter sehari

    -Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi

    -Mandi dengan air hangat dapat membantu melegakan sumbatan hidung

    -Kenakan pakaian yang berbahan sejuk, tidak terlalu ketat dan dapat menyerap keringat dengan baik

    -Meminimalisir stres

    Informasi berikut ini dapat berguna:

    Demam

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman