Tanya Dokter

  • Benjolan dalam anus dan kemaluan sering sakit

  • halo dok,

    dok saya punya bejolan di dalam anus. dari saya umur 12 tahun tapi waktu itu ibu saya bilang bakal hilang sendiri tapi sampe sekarang masih ada. dan dok kemaluan saya sering sakit apa lagi saat naik motor seperti ditusuk. sering mengeluarkan cairan juga.

    kenapa ya dok?

    umur saya 18 tahun belum menikah

    Halo Benjolan dalam anus penyebabnya bisa bermacam-macam, antara lain:  

    • Wasir/ambeien/ Hemoroid; dapat bergejala benjolan kadang disertai seperti keluar cairan (mukus), nyeri dan gatal pada anus, nyeri bisa bertambah jika saat duduk karena benjolan tertekan, kadang BAB keluar darah jika wasir terjadi luka akibat BAB terlalu keras atau mengejan terlalu kencang
    • Bisul pada anus (anorectal abses); bergejala nyeri pada anus, benjolan pada anus yang sangat nyeri, nyeri hebat saat BAB, demam, jika bisul pecah dapat disertai keluar nanah.
    • Keluarnya sebagian mukosa rektum melalui anus; bergejala adanya benjolan pada anus, keluarnya cairan mukus (cairan kental) dari anus, kadang disertai BAB berdarah dan sulit BAB.
    • Dan lain-lain.
    Karena sudah berlangsung 12 tahun, sebaiknya kamu memeriksakan diri langsung ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan langsung sehingga diketahui pasti apa penyebabnya dan dilakukan penanganan yang tepat. Ulasan mengenai wasir/hemoroid/ambeien, bisa kamu baca pada artikel di bawah ini Hemoroid (wasir) Semoga membantu ya, lekas sembuh. Terima kasih dr.Yan William