Tanya Dokter

  • tumor paru kanan

  •  Dendi Junior
    Anggota

    hallo Dok, saya Dendi 25 th. mau cerita dikit nih, sekitar 2 bulan lalu saya terkena penyakit yg membuat saya sesak dan nyeri di dada serta sakit perut sebelah kanan, setelah dilakukan rontgen ternyata tubuh sebelah kanan saya ditutupi bnyk cairan. saya melakukan operasi pengeluaran cairan yg kata dokter nya Efusi Pluera sekitar 1,2 L yg dikeluarkan. setelah operasi dilakukan rontgen lg dan saya di diagnosa tumor paru kanan. setelah itu saya dirujuk ke salah satu RS di jakarata. sesampai di Jakarta saya hanya rawat jalan dikarenakan kondisi sudah agak membaik, setelah dilakukan pemeriksaan kembali saya di jadwal ct-scan. setelah ct scan hasil yg didapat saya harus lanjut lagi ke TTNA, tetapi karena saat itu saya merasa udah agak membaik dan pekerjaan yg udah hmpir 2 bulan cuti, akhirnya saya memutuskan pulang dan tidak mengikuti jadwal TTNA. setelah itu saya mulai lagi aktivitas kerja seperti biasa, tetapi setelah kerja baru 2 minggu tubuh saya DROP lagi. demam yg hilang timbul, sesak nafas, batuk berdahak darah, nyeri dada sebelah kanan, dan sekarang nyeri nya menjalar ke kepala, tangan dan punggung sbelah kanan. dan sekarang setiap saya batuk mata saya jadi berkunang2 kabur beberapa saat. saat ini saya hanya mengkonsumsi obat2an dari Dokter bpjs keluarga dan beberpa obat herbal tapi belum ada perubahan. mau rujuk ke RS pastinya akan dirujuk lagi ke Jakarta. saya cuma mau tau penyakit apa yg saya derita Dok, apakah bisa sembuh? Terimakasih. :)

    Halo, Pertama-tama rencana pemeriksaan TTNA (transtorasic needle aspiration) adalah suatu pemeriksaan biopsi untuk melihat apakah tumor pada paru tersebut ganas atau tidak. Dengan riwayat tumor paru sebelumnya dan belum dilakukan pengangkatan, kita belum bisa menyingkirkan bahwa gejala yang Anda alami disebabkan oleh tumor paru atau tidak. Hal lain yang dapat menyebabkan gejala tersebut adalah:

    Tentu saja kemungkinan penyebab-penyebab tersebut harus didukung dengn pemeriksaan fisik oleh dokter serta pemeriksaan penunjang. Kemungkinan diperlukan pemeriksaan darah, ronsen dada, CT scan, serta bronkoskopi untuk melihat saluran paru. Pertimbangkan juga perlunya pemeriksaan lebih lanjut tumor paru Anda. Semoga membantu, terimakasih