Tanya Dokter

  • Saya sebenarnya sakit apa?

  • salam dok..saya wanita 23 tahun. kemarin saya di rawat di RS karena serangan asma. kemudian di pagi hari saya disuntik obat asma dan ranitidin serta antibiotik di cairan infus saya. selang beberapa menit setelah disuntik. tubuh saya kaku dan kesemutan. mulai dari ujung kaki menjalar sampai ke kepala. kaki terasa keras, pucat dan sejuk seperti mayat. tangan juga begitu. setelah itu saya meminta perawat untuk membuka infus. saya pun menangis mengingat mungkin pada saat itu waktunya saya kembali kepada yang maha memiliki. namun selang beberapa jam saya kembali diinfus karena tubuh sudah tidak berdaya. perawat tidak dapat menyuntikkan jarum infus karena pembuluh darah sudah menciut. namum yang ke 2 kalinya mereka berhasil menusukkan jarum infus. setelah diinfus, 2-3 jam kemudian saya merasa sedikit membaik. namun saya memutuskan untuk minta pulang ke rumah. karena tidak sanggup disuntik lagi dok. mohon penjelasan apa yang sebenarnya terjadi. mengingat para perawat tidak mengatakan apa-apa kepada saya.

    Hai,   Untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada Anda kala itu maka Anda harus menanyakan secara langsung pada dokter yang merawat Anda. Karena hanya dokter Anda yang memeriksa kondisi Anda secara langsunglah yang mengetahui dengan detil kondisi Anda. Jika keluhan yang Anda alami terjadi paska pemberian obat maka kemungkinan yang terjadi pada Anda adalah karena faktor:

    1. Alergi pada salah satu komponen obat
    2. Efek samping obat
    3. Shock
    4. dll
    Tanyakan secara mendetil kondisi Anda pada dokter yang merawat, jika ternyata Anda memiliki alergi terhadap salah satu komponen obat maka sebaiknya Anda menanyakan komponen obat apa yang menyebabkan Anda alergi agar kejadian tidak terulang kembali di kemudian hari/ bisa dicegah. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi