Tanya Dokter

  • Efek samping konsumsi obat pusing dan sesak napas berkepanjangan

  • Dok,sy beberapa bln lalu kambuh sakit asam lambung..sejak saat itu saya sering merasakan pusing,kepala dan leher terasa tegang,dada terasa tertekan/sesak...dan sering merasa panik...sy sdh berobat berkali-kali ke dokter baik rmh sakit,ato puskesmas.dan sy sudah sering minum obat dan mengikuti anjuran utk merubah pola hidup dgn makan teratur dan berolah raga...memang ada perubahan...tapi sy mau tanya kenapa sy masih sering merasa pusing dan dada terasa sesak/berdebar apa sakit ini tidak bisa d sembuhkan secara total?...dan apakah saya harus mengkonsumsi obat terus selama rasa pusing dan dada sesak dtng?kan setiap obat memiliki efek samping.Dok,tolong di jawab ya...Terimakasih.salam

    Terima kasih Rifka Jeane Kapantow atas pertanyaannya. Sebenarnya, keluhan sakit asam lambung biasa disebut dengan GERD (gastroeosophageal reflux disease). Hal ini berarti naiknya asam lambung ke esofagus sehingga menimbulkan gejala: 1. Nyeri ulu hati dan perut sebelah kiri atas 2. Mual 3. Dada terasa panas dan berdebar 4. Tenggorokan seperti ada yang mengganjal 5. Batuk 6. Mulut terasa pahit 7. dan lain-lain Untuk mengatasi hal ini memang diperlukan pola makan yang teratur serta pemilihan makanan. Selain itu, dibantu juga dengan obat-obatan. Jika memang Anda sudah beberapa kali berobat serta mengikuti anjuran dokter tetapi belum juga membaik, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam, terlebih mereka yang mendalami bidang pencernaan. Dokter seperti ini biasanya bergelar sp.PD, KGEH. Mungkin diperlukan prosedur endoskopi (memasukan teropong ke dalam saluran cerna) untuk menilai secara langsung kondisi saluran cerna Anda (khususnya lambung). Selain dari makanan, Anda juga perlu mengelola stres Anda, karena stress dapat menyebabkan peningkatan asam lambung. Selain itu, penyakit ini memang kambuh-kambuhan, yang dapat dilakukan adalah dengan mengontrolnya agar tidak kambuh lagi. Anda juga dapat membaca artikel terkait: Penyakit asam lambung Tukak lambung Demikian jawaban dari saya, semoga membantu dr. Andika Surya

    Rifka Jeane Kapantow  Roy
    Anggota

    hallo dok dok apa benar sakit maag atau asam lambung yang selalu naik atau kambuh bisa menekah usus hingga terjadinya turun berok bagi kaum laki laki ? soal nya kalo asam lambung saya lagi kambuh perih yang dirasakan sampai ke bagian perut kiri bawah dan menjalar ke selangkangan dan biji pilir saya. setelah asam lambung saya normal tetapi nyeri diselangkangan dan biji pilir gag ilang ilang.

    Rifka Jeane Kapantow  Roy
    Anggota

    oh  ya satu lagi dok ada gak dok obat yang dapat dikomsumsi sewaktu kambuh tampa musti ke dokter terlebih dahulu buat jaga jaga gitu dok ?

    Asam lambung tidak menyebabkan nyeri menjalar hingga ke buah zakar. Untuk mengatasi asam lambung sebelum Anda ke dokter, Anda dapat mengkonsumsi obat-obatan pereda sakit maag seperti antasida, dan lainnya.