Tanya Dokter

  • Bagaimana cara mengobati asma?

  • dok, gimana caranya mengobati asma? sudah 3 hari saya sesak napas, susah untuk bernafas, dan dada saya sakit.

    Halo,   Asma merupakan salah satu kondisi dimana saluran pernafasan menjadi tersumbat karena peradangan, lendir yang banyak dan kekakuan saluran pernafasan akibat penyakit asma tersebut. Penanganan asma perlu dilakukan secara menyeluruh mulai dari memperhatikan apa pemicu asma pada Anda sehingga bisa mencegah serangan asma sampai menghilangkan gejala asma dengan bantuan obat, inhaler dll. Untuk menangani gejala asma yang sedang kambuh maka Anda bisa menggunakan beberapa metode seperti :

    1. Pengobatan dengan obat pelega saluran pernafasan (beta 2 agonis) seperti terbutamin dan salbutamol atau gabungan keduanya.
    2. Penggunaan inhaler.
    3. Spacer dengan inhaler.
    4. teofilin.
    5. Penggunaan steroid jika perlu.
    6. Leukotriene receptor antagonist (montelukast).
    7. Omalizumab.
    8. Dan metode bronchial thermoplasty.
    Pengobatan asma akan disesuaikan dengan gejala dan keparahan asma masing masing individu. Akan lebih baik jika Anda memeriksakan diri ke dokter dan melakukan pemeriksaan yang menyeluruh. Dokter akan memeriksa kondisi paru Anda dan melakukan beberapa tes medis seperti bronkoskopi, tes tiup dll untuk melihat derajat keparahan asma Anda. Beberapa kondisi penyakit paru seperti penumonia, TBC , emfisema dll juga bisa memberikan gejala sesak nafas seperti asma yang membutuhkan pengobatan dengan antibiotik untuk meredakan infeksi dan memperbaiki keluhan pernafasan Anda. Baca topik Sesak Nafas. Semoga membantu.   dr. Yusi