Tanya Dokter

  • Penyebab sakit bahu kiri, tangan kiri dan leher kiri

  •  Unike Efendi
    Anggota

    hallo dok...

    terimaksih sbelumnya sudah menjawab pertanyaan saya.

    dok, saya setelah makan ikan asin, saya merasakan sakit leher kiri, bahu kiri dan tangan kiri dok?apakah kemungkinan ikan asin berformalin ya dok?

    apakah kolesterol? tapi saat saya makan daging kambing, jerohan, maupun daging sapi, saya tidak merasakan hal seperti itu.

    Hallo Unike

    Rasa sakit pada bahu, tangan dan leher bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti misalnya karena otot-otot yang tegang akibat aktivitas yang dilakuakan sebelumnya atau akibat posisi yang salah saat tidur atau duduk. Selain adanya trauma/cedera akibat terjatuh, terbentur, terpukul bisa menyebabkan hal tersebut.

    Adanya kondisi medis lain seperti sedang flu, demam, radang tenggorkan pun bisa menimbulkan keluhan serupa. Maka itu perlunya dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter supaya bisa di dapatkan informasi lebih banyak oleh dokter, informasi tersebut akan sangat berguna untuk menentukan sumber penyebab atas kondisi yang Anda alami.

    Tidak dapat dipastikan suatu ikan berformalin atau tidaknya hanya melalui gejala tersebut, perlu dilakukan pemeriksaan terhadap ikan itu di laboratorium untuk mengetahui pasti apakah benar-benar berformalin. Jadi bisa saja rasa sakit tersebut muncul kebetulan sesaat habis makan ikan asin.

    Gejala dari konsumsi makanan dengan kandungan formalin didalamnya adalah timbulnya gejala-gejala keracunan seperti pusing, sakit kepala, mual, berdebar, pingsan, bahkan kejang. Tergantung seberapa besar paparan racun dari zat kimia berbahaya tersebut yang masuk tertelan.

    Tingginya kadar kolesterol didalam darah juga jarang menyebabkan gejala sakit secara langsung pada leher, bahu, dan tangan kiri, namun kolesterol tinggi yang dibiarkan terus menerus bisa jadi pemicu terjadinya gangguan jantung dan stroke. Orang dengan gangguan jantung bisa mengalami sakit dada yang menjalar hingga punggung, dan lengan kiri.

    Maka itu Unike diharapkan memeriksakan diri dokter untuk dilakukan evaluasi medis, supaya bisa diketahui apasih akar penyebab dari keluhan yang Unike berdasarkan informasi yang didapatkan dari pemeriksaan tersebut.

    Adapun saran untuk Unike adalah

    • Istirahat dan tidur yang cukup
    • Lakukan relaksasi otot-otot leher dan lengan dengan cara gerakan berputar (seperti saat olahraga) selama 10 detik, kemudian diulang dengan arah berlawanan.
    • Hindari konsumsi makanan berlemak tinggi dan berminyak
    • Perbanyak konsumsi air putih


    Artikel terkait untuk disimak Sekadar Lelah Atau Sedang Sakit ?

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold