Tanya Dokter

  • leher terasa kaku disertai nyeri bahu sebelah kanan dan pusing

  •  Edward Wongso
    Anggota

    malam dok saya edward berumur 21 tahun. dok akhir-akhir ini sbahu sebelah kanan saya agak terasa kaku, sakit serta pegal. selain itu leher juga agak kaku dan kepala terasa seperti kliyengan seperti sedikit kehilangan keseimbangan. kepala juga sedikit pusing serta sensasi kliyengan juga terasa dok. pola makan saya agak telat serta terkadang mandi pada pukul 10 malam. apakah hal ini dapat mempengaruhinya juga dok?

    kira-kira ini gejala apa ya dok? serta saya terkena penyakit apa? apakah ada kaitannya dengan tumor otak dok?

    terimakasih dok

    Hai, Keluhan pegal, kaku, atau nyeri pada bahu dan leher, dapat disebabkan oleh cedera otot, misalnya akibat postur tubuh yang kurang baik. Pola makan yang buruk, kurang istirahat, dan kondisi cemas atau stres, dapat memicu dan memperberat gejala-gejala yang dialami. Tumor otak dapat memberikan gejala bermacam-macam, tergantung dari ukuran, lokasi, dan tingkat pertumbuhan tumor. Misalnya sakit kepala, kejang, mual muntah, gangguan penglihatan atau pendengaran, sulit bicara, atau gangguan keseimbangan tubuh. Diagnosa tumor otak dapat ditegakkan melalui pemeriksaan fisik oleh dokter dengan mengetahui gejala-gejala yang dialami pasien, serta tes penunjang seperti CT scan, MRI, atau biopsi. Usahakan untuk memiliki pola hidup sehat:

    • konsumsi makanan bergizi secara teratur
    • cukup minum air putih
    • tidak merokok
    • memiliki waktu istirahat yang cukup
    • hindari stres
    • lakukan olahraga rutin
    Sebaiknya tidak membawa barang-barang yang berat pada salah satu sisi tubuh, misalnya bahu kanan. Jika gejala belum membaik, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan, termasuk tes penunjang seperti tes darah atau CT scan. Dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebab dasarnya. Halaman berikut membahas Frozen shoulder     Semoga bermanfaat, dr. Jessica

    Edward Wongso  Edward Wongso
    Anggota

    ok thanks ya dok