Tanya Dokter

  • Apakah gejala nyeri ulu hati dan muntah saya merupakan tanda penyakit batu empedu?

  •  andri
    Anggota

    dokter, ibu saya sering nyeri di bagian ulu hati,, tidak nafsu makan, kadang muntah dan berat badannya drop. selain itu kadang perut bagian bawah bengkak beberapa saat dan keras, kemudian hilang di sertai ada suara kaya orang belum makan, dan terkadang juga sering bersendawa,hal ini sering terjadi beberapa kali dalam sehari. saat cek ke dokter dan USG ibu saya katanya kena batu empedu multiple dengan besar batu berukuran 7 - 8 mm dan harus operasi. pertanyaan saya :

    1. apakah ciri-ciri di atas memang efek dari sakit batu empedu?

    2.dengan ukuran batu sebesar itu apakah memang harus operasi?atau apakah ada jalan lain selain operasii?

    terimaksih sebeelumnya

    Hai Andri 1. Gejala batu empedu bervariasi tergantung dari berat ringannya dari komplikasi batu empedu tersebut. Batu empedu yang tidak berkomplikasi, bisa tanpa gejala sama sekali, terkadang hanya menimbulkan gejala ringan seperti sakit maag (asam lambung) yaitu nyeri ulu hati, mual, da kembung. Namun pada batu empedu yang sudah berkomplikasi infeksi kandung empedu atau terjadi sumbatan pada saluran empedu dapat bergejala, antara lain:

    • Nyeri perut kanan atas
    • Demam
    • Kuning
    Jika dari hasil USG menunjukan adanya batu empedu, maka kemungkinan besar memang adanya suatu batu empedu karena USG mempunyai akurasi yang cukup tinggi dalam mendeteski batu empedu. 2. Untuk batu empedu yang berukuran lebih dari 2 cm dan banyak (multipel) dan sudah menimbulkan gejala, dapat dipertimbangkan untuk dilakukannya tindakan operasi. Selain operasi dapat dilakukan pengobatan dengan peluruh batu empedu, yaitu asam ursodeoksikolat. Ini dapat digunakan pada batu empedu yang berukuran kurang dari 1 cm, namun tingkat keberhasilannya rendah, dan diperlukan pengobatan dalam jangka waktu lama. Mengenai gejala dan penanganan batu empedu dapat Anda baca lengkap pada artikel dibawah ini: Gejala dan penanganan batu empedu. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william