Tanya Dokter

  • Penyembuhan batu empedu

  •  yusufhartono
    Anggota

    Selamat Siang Dok, Sy usia 52 tahun, dok sy mengidap penyakit batu empedu sudah di USG memang nampak batunya, kalo sy makan daging sakit nya kambuh, selama ini sy minumUrdafalk, tiga hari kemaren sakit nya kambuh perut bagian atas sakit/kolik dan demam selama 2 hari sy minum Buscopan sakitnya reda, hari ke 3 sudah gak demam tp air seni sy keruh merah, sy cek ke dokter katanya ada infeksi di saluran kemih trus di kasih antibiotik skrg perut sy perih, hasil cek lab air seni bilirubin posistif. Bisakah penyakit sy disembuhkan tanpa operasi pengangkatan empedu? Terima kasih.

    yusufhartono  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Yusuf, Batu empedu atau cholelitiasis merupakan pengerasan kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu. Batu empedu memiliki ukuran beragam, mulai dari berpasir hingga beberapa sentimeter. Batu empedu tidak menimbulkan nyeri, tetapi bila terdapat penyumbatan dari saluran empedu maka menimbulkan nyeri perut kanan atas yang sangat hebat dapat disertai mual dan muntah. Pengobatan batu empedu secara umum digolongkan menjadi :

    1. medikamentosa : dengan obat pelarut batu empedu (misalnya urdafalk, namun obat ini hanya dapat melarutkan batu empedu yang berukuran < 2 cm), antinyeri (misalnya buskopan)
    2. non-medikamentsa/ operasi : diindikasikan apabila nyeri perut hebat/kolik yang sering kambuh, terjadi infeksi pada kandung empedu, batu empedu menyumbat saluran empedu. Berkat kemajuan dalam bidang kedokteran pembedahan, operasi batu empedu saat ini dapat dilakukan dengan operasi terbuka (operasi konvensional) ataupun dengan operasi laparaskopi (lebih tidak invasif dan aman bagi pasien)
    Beberapa anjuran untuk mengurangi kekambuhan :
    • batasi makanan yang mengandung kolesterol tinggi (makanan berlemak,santan,daging, telur,seafood, dll)
    • pertahankan berat badan seimbang - peningkatan ataupun penurunan berat badan terlalu cepat dapat memicu kekambuhan batu empedu
    • olahraga teratur
    Apabila dengan menjaga pola makan dan perubahan gaya hidup serta konsumsi obat masih sering terjadi kekambuhan, disarankan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda yang memeriksa Anda mengenai kemungkinan operasi sekaligus meminta rujukan ke dokter bedah. Demikian,semoga membantu dr. Rico Novyanto

    yusufhartono  dr. Rico N
    Dokter

    berikut tautan yang mungkin membantu : batu empedu

    yusufhartono  sizzle
    Anggota

    Ibu saya sebulan yg lalu msk RS krn sakit perut kronis dan hasil diagnosa beliau menderita batu empedu. Secara medis beliau dirujuk utk melakukan tindakan pengorekan batu empedu di salah satu RS di Jakarta. Tapi kami mencoba pengobatan secara natural dulu. Ibu kami meminum air rebusan daun gedi dan melakukan terapi apel (caranya dapat dilihat di internet). Thank God, so far ibu kami sudah tidak mempunyai keluhan perut, sebelumnya hampir tiap malam kesakitan. Semoga membantu.