Tanya Dokter

  • Tanda dan gejala sakit campak

  •  itapujita
    Anggota
    Hai dok, saya mau tanya, anak saya panas badannya sudah 2 hari n td sudah saya bawa ke dokter n kata dokter, mau campak. Dokter memberi obat penurun panas tp kenapa panasnya ga turun2 ya dok...saya minumin obat penurun panas, panasnya turun sebentar tp panas lagi badannya trus anak saya sllu ngomong, perut nya sakit bun...biasanya berapa lama ya dok proses panasnya hilang n kenapa perut anak saya sakit ya?? Apa sakit campak ditandai dgn perut yg sakit??...terimakasih dok

    Hai,

    Terima kasih atas pertanyaannya…

     

    Morbili adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus Measles. Nama lain dari penyakit ini adalah rubeola atau campak. Morbili merupakan penyakit yang sangat infeksius dan menular lewat udara melalui aktivitas bernafas, batuk, atau bersin. Komplikasi  yang fatal  dapat terjadi radang pada paru-paru dan infeksi otak.

     

    Gejala : demam, batuk, pilek, sakit mata, biasanya timbul bercak-bercak kemerahan pada demam hari ke empat, yang rentan terkena terutama yang belum mendapat imunisasi campak., dapat juga disertai diare.

     

    Berdasarkan keluhan yang anak anda alami jika memang terinfeksi cacar, pada sebagian besar pasien infeksi dapat sembuh sendiri dengan pengobatan sesuai dengan gejala. Jika terjadi infeksi perlu diberikan antibiotik sesuai anjuran dokter. Perlu dipertimbangkan juga pemberian vitamin A. Jika keluhan tidak dirasakan membaik sebaiknya anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak agar dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk memastikan kelainan yang terjadi.

     

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : campak

     

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    dr. Adriana