Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri dada

  • 3thn yg lalu sy nyeri dada dan kt dokter suruh ekg, tp hasil normal,ktny itu maag, sepanjang 3 thn itu sy msh sering nyeri dada, 3bln yg lalu sy melahirkan,dr melahirkan bagian tubuh sebelah kiri dr kepala,leher,pundak,punggung lengan smp kaki serasa tidk nyaman, nyeri kdng kebas n kesemutan, nyeri dadany pun msh ada, blakangan ni sy mudah lelah dan napasny berat, sy jg sulit tidur dan gampang cemas,(takut mati mendadak)

    Halo,   Nyeri dada bisa disebabkan beberapa jenis gangguan seperti :

    1. Gangguan pada otot dada = mialgia, trauma, penimbunana asam laktat, kurang aktivitas dll.
    2. Gangguan pada tulang dan sendi = artritis, osteoporosis dll
    3. Gangguan pada jantung = angina, aritmia dll
    4. Gangguan pada paru = pneumotorak, penumonia, dll
    5. Gangguan pada lambung = GERD, dispepsia, tukak lambung.
    Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, pemeriksaan secara lengkap akan diperlukan seperti USG , Rontgen, EKG, CT sCAN, Endoskopi dll. Dengan pemeriksaan lengkap maka penyebab keluhan Anda bisa diketahui dan diberikan penanganan sesuai agar keluhan menghilang. Sementara keluhan yang Anda rasakan paska persalinan memerlukan pemeriksaan lebih jauh, tidak nyaman seperti apa yang Anda rasakan? Gangguan ketidaknyamanan yang terjadi pada separuh bagian tubuh bisa disebabkan karena :
    1. Stroke
    2. Gangguan saraf pada tulang leher bagian yang tidak nyaman.
    3. Tumor otak
    4. Gangguan psikis
    5. TIA ( transient ischemic attack) = gejala penyumbatan sementara yang biasanya menghilang sendiri, namun perlu diperiksa dan diobati karena merupakan tanda akan terjadinya stroke di kemudian hari.
    6. Dll
    Maka dari itu segera periksakan diri Anda ke dokter syaraf terdekat. Dokter akan memeriksa dan memastikan kondisi tubuh Anda agar tidak terjadi komplikasi yang tidak dingiinkan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi