Tanya Dokter

  • Penyebab sakit dada sebelah kiri

  • Assallamualaikum dokter, sya TKI di malaysia, sya bkrja di ladang sawit..... 8 hri yg lalu sya penat pulang kerja dan teman sya coba masas tubuh sya dngan badang berbaring kekanan,posisi tangan kanan sya yd di bawah di tarik ke atas dan pinggul sya di ganjal kakinya hingga tulang sya mnggeretak (memang langsung ringan lelah sya) Ke 2. Besok harinya sya krja lagi, sya mngangkat klapa sawit yg beratnya kira2 50 kg. Dengan tumpuan keras tangan kiri... tiba2 dada sya sakit smpe saat ini klo mngangkat beban berat kira2 yg mana pnyebabanya? masas apa beban berat.... tlong jlaskan. Sya taq mau d pulangkan ke indonesia nntinya stlah sakit serius sya blum sukses mohon d jawab.... terimakasih

    Salam,

    Keluhan yang Anda sampaikan kemungkinan dapat disebabkan oleh beban berat yang Anda lakukan saat bekerja. Pada saat Anda dipijat, kemungkinan tubuh Anda sudah merasakan lelah, namun pemulihan fisik Anda yang  belum optimal menyebabkan kondisi tubuh dan otot Anda masih lemah. Dengan kembali bekerja dan mengangkat beban berat dapat memicu keluhan nyeri dan cedera pada otot atau sendi Anda. Hal ini dapat menyebabkan keluhan nyeri dan gangguan gerak otot dada Anda.

    Beberapa kondisi di bawah ini juga dapat menyebabkan keluhan yang sama, seperti:

    1. trauma tulang belakang

    2. ruda paksa otot dan sendi

    3. gangguan tulang belakang

    4. kelelahan fisik

    5. tidur yang kurang

    6. sedang menderita sakit, seperti flu, radang tenggorokan, ataupun penyakit lainnya

    7. gangguan jantung

    8.gangguan paru

    Bila keluhan ini belum juga membaik, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter perusahaan Anda di perkebunan atau dokter rujukan perusahaan Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan, seperti pemeriksaan darah atau radiologi.

    Perawatan dan pengobatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah beristirahat 2-3 hari dengan izin sakit dari dokter perusahaan Anda atau mengambil cuti untuk memulihkan kondisi fisik Anda. Hindari rokok dan alohol, serta lakukan olah raga rutin untuk mengurangi ketegangan otot Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaiksan, baca juga nyeri-dada.

    dr. Ulfi