Tanya Dokter

  • Sakit dada sebelah kiri

  •  gati1978
    Anggota

    Saya mengalami sakit nyeri di dada yang datang & pergi. Setelah di check EKG & Treadmill, jantung saya normal. Pada tes lab darah ditemukan gejala pengentalan darah, akibat dari merokok. Apakah saya harus segera meminum aspirin setiap hari selama seumur hidup? Bisakah dengan berhenti merokok dan berolahraga saja?

    Terima kasih atas perhatiannya.

     

    Wass,

    Gati

     

     

    Halo, Pemberian aspirin ditentukan dari banyak faktor, misalnya usia, faktor risiko jantung, bagaimana jenis kekentalan darahnya dan seberapa berat, risiko perdarahan, riwayat penyakit lambung/ pencernaan, dll. Aspirin merupakan salah satu obat antinyeri, demam atau inflamasi yang sering digunakan dokter untuk mencegah penyakit jantung koroner karena efeknya yang dapat mengencerkan darah. Dosis aspirin sangat bervariasi bergantung pada tujuan yang diharapkan dari pemberian aspirin ini. Aspirin tidak boleh digunakan pada pasien dengan gangguan perdarahan, riwayat perdarahan saluran cerna dan pada anak-anak. Keadaan-keadaan lain seperti asma, gagal ginjal, dll juga menjadi perhatian dokter dalam mempertimbangkan pemberian aspirin. Beberapa contoh pertimbangan pemberian aspirin dosis rendah yang direkomendasikan oleh suatu panel pencegahan penyakit jantung di Amerika untuk pasien tanpa penyakit jantung sebelumnya :

    • pasien berusia 50-59 tahun
    • memiliki risiko 10% lebih tinggi terkena penyakit jantung dalam 10 tahun ke depan
    • tidak mempunyai risiko perdarahan
    • memiliki angka harapan hidup sekurang-kurangnya 10 tahun ke depan
    Apakah Anda termasuk dalam kategori tersebut? Diskusikan dengan dokter Anda mengenai perlu atau tidaknya penggunaan aspirin, jangan mulai minum aspirin tanpa rekomendasi dari dokter yang memeriksa Anda. Jika dokter sudah merekomendasikan konsumsi aspirin, konsumsilah dengan teratur dan bicarakan berapa lama Anda minum aspirin serta pemantauan apa yang perlu dilakukan terkait aspirin. Merokok dapat meningkatkan kecenderungan darah untuk membeku, mengurangi oksigen ke sel-sel, merusak lapisan dalam pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah, LDL serta frekuensi jantung. Bacalah artikel ini bagaimana cara berhenti merokok: Cara berhenti merokok Masa depan cerah dengan berhenti merokok Jalanilah pola hidup sehat dan minumlah air putih yang cukup setiap harinya. Semoga membantu, dr.Miranti Iskandar