Tanya Dokter

  • Sakit dada sebelah kiri dan LED tinggi

  • Selamat malam dok. Saya Rissa. Wanita umur 23 tahun. Saya mau tanya, sakit di dada kiri (seperti sesak nafas dan merasa ditekan yang sudah dialami beberapa minggu) dan hasil lab darah yang menunjukkan LED 60mm/jam apakah ada indikasi penyakit jantung? Terima kasih..

    Halo Rissa, Tidak semua rasa nyeri yang dialami di dada kiri disebabkan oleh penyakit jantung. Masih banyak penyakit lain yang memberikan keluhan yang sama seperti penderita penyakit jantung. Beberapa contoh penyebab muculnya keluhan nyeri dada :

    Jika keluhan ini sudah berlangsung lebih dari 1 minggu disarankan untuk menemui dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan apakah yang Anda alami memang benar diakibatkan gangguan pada jantung atau tidak. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang seperti cek darah, EKG, dan foto Xray jika memang diperlukan. LED atau Laju Endap Darah sering digunakan untuk mengetahui adanya infeksi di dalam tubuh atau tidak. Tetapi untuk menentukan adanya infeksi atau tidak, harus juga diperhatikan hal lain seperti jumlah leukosit dan gejala klinis yang muncul. Pada wanita, LED juga dapat mengalami peningkatan di saat sedang mengalami menstruasi. Silahkan baca topik yang sama dengan keluhan yang Anda alami Sakit di dada Hal-hal yang dapat dilakukan :
    • Cukup beristirahat
    • Makan secara teratur
    • Hindari faktor pencetus stress
    • Jangan langsung berbaring setelah makan
    Semoga membantu, dr. Tri