Tanya Dokter

  • Apakah luka usus ayah saya perlu dioperasi?

  • , ,hallo dokter,, dokter tolong masukan,nya. bapak saya mengalami luka pada ususnya dok,,setiap kali reasksi obatnya habis, bilau merasakan nyeri kesakitan, biliau pernah rawat inap 3 hr,,,, bapak saya brumur 75t, apakah perlu di oprasi?

    Hai Choirul, Luka pada usus dapat disebabkan oleh peradangan yang menyerang usus. Radang usus dapat disebabkan oleh dia hal yaitu: 1. Kolitis ulseratif merupakan penyakit radang usus kronis yang dapat menyebabkan timbulnya tukak-tukak di usus. Kolitis terjadi pada usus besar dan rektum. Gejala yang dialami adalah nyeri perut yang berat, buang air besar disertai darah atau nanah, kelelahan, penurunan berat badan, demam dan sering buang air besar namun lebih sering kotoran tidak bisa keluar. 2. Penyakit crohn merupakan salah satu penyakit radang usus yang merupakan kondisi jangka panjang. Penyakit crohn dapat menyerang semua bagian pencernaan mulai dari mulut sampai anus namun palinh sering terjadi di usus kecil(ileum) dan usus besar. Gejala umum yang dialami oleh orang yang menderita penyakit corhn adalah merasa sangat kelelahan, sakit perut dan kram, diare, tinja bercampur lendir dan darah, penurunan nafsu makan, penurunan berat badan secara drastis, dan demam. Faktor kerutunan, faktor usia, sistem kekebalan tubuh, dan merokok merupakan faktor resiko yang dapat memicu terjadinya penyakit crohn. Untuk menentukan diagnosis dari penyakit yang dialami oleh ayah anda apakah itu kolitis ulseratif atau penyakit crohn atau malah radang biasa, seaiknya anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan yang berkelanjutan seperti Tes darah, tes sampel tinja, Rontgen, CT Scan, kolonoskopi, dan sigmoidoskopi. Pada kolitis ulseratif biasanya diberikan obat-obatan antiinflamasi, immunosupresan dan operasi. Pada penyakit crohn biasanya akan diberikan obat-obatan kortikosteroid, immunosupresan dan operasi. Prosedur operasi yang dilakukan akan sangat bergantung pada keadaan ayah anda. Tindakan operasi yang dilakukan adalah dengan memotong bagian usus yang mengalami radang dan menyambungkan bagian yang sehat. Jika keuntungan operasi lebih banyak daripada kerugiannya maka dapat dilakukan operasi. Umur ayah anda yang sudah termasuk lansia yaitu 75 tahun sebaiknya diberikan pertimbangan khusus, terutama terhadap komplikasi dari tindakan yang akan dilakukan. Sebaiknya anda tetap berkonsultasi dengan dokter anda agar dapat diberikan pengobatan yang paling ideal untuk ayah anda. Anda dapat menyarankan ayah anda untuk melakukan hal-hal di bawah ini:

    • Mengubah pola makan yaitu dengan mengurangi konsumsi akanan berlemak, memperbanyak asupan cairan, membatasi asupan susu dan serat agar tidak membuat kerja usus semakin berat. Catatlah makanan yang dapat memperburuk gejala sehingga makanan yang dikonsumsi di kemudian hari akan lebih selektif.
    • Hindari konsumsi minuman beralkohol
    • hindari merokok
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Radang usus Kolitis ulseratif Penyakit Crohn Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit

    hallo dr. Yosephine U L Simanungkalit.... terimakasih banyak yaa dr. Yosephine U L Simanungkalit, sekarang alhmdllah. ayah saya sudah membaik dengan makan teratur ( makanya halus terus ) minum obat teratur dengan yaang d sarankan dr. Yosephine U L Simanungkalit...... sekarang sudah tdk nyeeri , makan pun jg banyak.. kata docter saya jg. sudah baik, alhamdllah jg tdk oprasi. . sekali lg terimakaasih dr. Yosephine U L Simanungkalit