Tanya Dokter

  • sakit dari pinggul sampe ujung kaki sebelah kanan

  •  Imam Ketebang
    Anggota

    Dok, saya laki2 usia 28 thn, Sudah setahun ini jika saya berdiri agak lama / jalan kaki agak jauh, pinggul sampe ujung kaki saya yang sebelah kanan terasa sakit, dan kaki sebelah kanan saya juga sering kesemutan,,, Pertanyan saya? Apa ada kelainan pada pinggul / kaki sebelah kanan saya ya dok? Mohon solusi, dan cara Mengobatinya? (Matornuwon)

    Halo,   Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda maka diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter dan pemeriksaan penunjang lain yang dianggap perlu. Menegakkan diagnosa tanpa pemeriksaan fisik adalah hal yang sulit dilakukan dan dipertanggungjawabkan. Beberapa kemungkinan penyebab dari keluhan Anda adalah :

    1. Pergeseran tulang belakang (spondilolistesis)
    2. Hernia nukleus pulposus = penonjolan disc tempat saraf pada tulang belakang sehingga menyebabkan saraf terjepit diantara kedua tulang.
    3. Ischialgia = peradangan / kerusakan serabut saraf pada daerah pinggul yang bernama saraf sciatica.
    4. Degenerative diskus tulang belakang = disc menjadi rapuh akibat trauma/ fraktur / usia.
    5. Stenosis lumbal = penyempitan saluran tempat saraf pada tulang belakang.
    6. Skoliosis yang parah
    7. dll
    Periksakan diri Anda ke dokter spesialis saraf jika gejala semakin parah setiap harinya. Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda selain pemeriksaan fisik akan diperlukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti MRI, CT SCAN dll. Penanganan akan disesuaikan dengan kondisi medis penyebab keluhan Anda. Untuk mengurangi rasa nyeri maka Anda bisa melakukan beberapa cara sperti :
    1. Kompres hangat bagian yang terasa nyeri
    2. Olahraga rutin yang ringan, hindari melakukan olahraga dengan impak yang besar. Olahraga yang disarankan adalah berjalan kaki secara kontinue (terus tanpa interupsi) diawali selama 5 menit dan lama kelamaan diperlama sesuai kemampuan tubuh.
    3. Lakukan gerakan pemanasan / stretching setiap duduk / berdiri terlalu lama.
    4. Jika duduk lama gerakkan kaki setiap 15 menit sekali untuk mengurangi kekakuan dan nyeri.
    5. Istirahat cukup.
    6. Gunakan korset sesuai anjuran bila perlu.
    7. Lakukan fisioterapi sesuai anjuran dokter.
    Semoga membantu.   dr. Yusi