Tanya Dokter

  • Sering sakit kepala disertai panas

  • Selamat malam dok, mau tanya. Saya berumur 18 tahun, akhir-akhir ini saya sering merasakan sakit kepala, pusing, juga keliyengan. Tidak lama dok, tapi sering. Sekitar setengan bulan yang lalu, sakitnya dibarengin panas karena mungkin capek, akhir semester 2 banyak tugas yg harus saya selesaikan sampai larut malam di depan laptop. Kira-kira saya terkena penyakit apa ya dok?

    Oh iyaa sekalian dok, dada saya sering sesak rasanya. Apalagi kalau kondisi sedang emosi. Bagaimana ya dok? Mohon balasan, terimakasih.

    Halo,   Sakit kepala yang Anda keluhkan bisa disebabkan karena :

    1. Sakit kepala tegang
    2. Stress
    3. Hipotensi
    4. Kurangnya mobilisasi/ aktivitas fisik / olahraga
    5. Kelelahan
    6. gangguan pada mata akibat menggunakan laptop terlalu lama.
    7. dll.
    Keluhan yang Anda alami bisa dikurangi dengan melakukan beberapa tips seperti :
    1. Hindari bergadang. Isitrahat cukup 7-8 jam dalam sehari.
    2. Olahraga teratur, jika tidak bisa Anda bisa bekerja/ belajar selama 1 jam dan kemudian melakukan 10 menit relaksasi agar tubuh Anda tidak menjadi kaku dan otak Anda bisa tetap fokus dalam bekerja.
    3.  Banyak minum air putih
    4. Hindari minuman dan makanan seperti soda, kopi dan teh terlalu banyak.
    5. makan gizi seimbang.
    6. Kelola stress.
    Jika sakit kepala tetap mengganggu maka Anda bisa memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan lanjutan. Sementara rasa sesak yang timbul saat sedang emosi bisa disebabkan karena stress dan tekanan berlebih, hindari stress dan kelola stress Anda, lakukan relaksasi dan berpikir positif akan membuat keluhan Anda berkurang. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi