Tanya Dokter

  • Penyakit dengan tanda sakit di bagian perut bawah

  • Hallo dok. Saya berusia 20tahun . Sekarang saya sedang mengalami sakit perut bagian bawah, awalnya saya hanya merasa bagian kiri bawah . Itu saya rasakan dr bulan mei tahun ini (2016) . Saat itu saya sudah pergi periksa ke rumah sakit dan mendapat obat. Lalu pada bulan september sakitnya terasa kembali, akhirnya saya kembali periksa ke rumah sakit dan periksa urine disitu di sebutkan bakterinya memang +2 jd masih dibilang infeksi kantong kemih dan di beri obat tapi sampai saat ini yang saya rasakan sekarang sakitnya sudah menjalar ke bagian bawah tengah dan bawah kanan rasanya itu seperti nyeri menusuk . Dari keluhan saya apakah itu bisa sangat berbahaya dok? Atau kemungkinan rahim nya turun? Trimakasih dok .

    Nabilafauziyah  Nabilafauziyah
    Anggota

    Maksud saya epitelnya 2+ bakterinya positive dok .

    Dear Nabila, Sakit perut bagian bawah dapat disebabkan oleh gangguan saluran kemih, saluran cerna, atau pun saluran reproduksi. Berikut kemungkinan penyebabnya:

    Hasil tes urine menunjukkan adanya indikasi infeksi pada saluran kemih. Namun untuk mendiagnosis infeksi saluran kemih, terutama dilihat dari gejala yang dirasakan dan tanda-tanda fisik yang akan diperiksa oleh dokter. Gejala infeksi saluran kemih selain sakit perut adalah perih saat buang air kecil, rasa tidak tuntas setelah buang air kecil, rasa selalu ingin buang air kecil, sering buang air kecil, bau urine yang menyengat, urine yang keruh, dsb. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan menganalisis gejala yang Anda alami dan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang seperti tes darah, tes urine, dan USG dapat dokter anjurkan. Terapi yang sesuai akan dokter berikan. Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • minum air putih dalam jumlah cukup minimal 10 gelas setiap hari
    • hindari kebiasaan menahan buang air kecil
    • konsumsi makanan bergizi seimbang secara teratur
    • miliki waktu yang cukup untuk beristirahat dan tidur berkualitas
    • manajemen stres dengan bijak
    • hindari mengobati sendiri keluhan ini
    • hindari menekan atau mengurut bagian yang sakit
    Artikel yang dapat Anda baca: Sakit perut bagian bawah Semoga bermanfaat dan salam, dr. Rony Wijaya