Tanya Dokter

  • Sakit perut bagian bawah saat menstruasi

  •  Rogal Gandeng
    Anggota
    Dok, istri saya mengalami sakit di bawah perut pada saat menstruasi,dan dia bilang kalau BAK selalu sakit, sebelumnya ini tidak pernah terjadi, namun kemarin istri saya tidak makan seharian lalu mengkonsumsi mie instan setelah itu dia demam,pusing,mual namun tidak terlalu dan merasa nyeri.. itu knapa yaa dok? terimakasih

    Halo,

    Keluhan nyeri perut bawah yang dialami pada saat menstruasi umumnya disebabkan oleh dismenorea. Hal ini merupakan hal yang wajar dan dapat dialami oleh setiap wanita. Umumnya keluhan nyeri ini pdapat menghilang dengan sendirinya.

    Sementara untuk keluhan yang dialami oleh istri Anda setelah mengkonsumsi mie instan, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, antara lain:

    • gastroenteritis
    • penyakit asam lambung
    • terkait infeksi lainnya, misalnya demam berdarah, tipes

    Baiknya apabila keluhan yang dialami oleh istri Anda tidak kunjung reda, maka baiknya konsultasikan hal ini dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai keluhan yang istri Anda alami. Kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah untuk memastikan penyebab dari kondisi yang dialami oleh istri Anda.

    Adapun penanganan sementara yang dapat dilakukan di rumah adalah perbanyak istirahat dan konsumsi air putih, mengkonsumsi obat pereda demam seperti parasetamol atau ibuprofen dan juga melakukan kompres hangat pada bagian perut yang sakit.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra