Tanya Dokter

  • Solusi atasi sakit di dada

  •  Niluh Irianti
    Anggota
    Pagi dok, sy mau tanya. Dada sy sering terasa sakit seprti ditusuk tapi hanya sekejap saja. Sakitnya kadang datang kalau sy kecapean atau bergerak tiba".Apakah itu berbahaya dok?

    Haiii Ni Luh Irianti,

    Seluruh struktur di dada mulai dari kulit, otot, tulang, hingga organ di dalam rongga dada itu sendiri (jantung, paru) dapat menimbulkan nyeri bila ada rangsangan/gangguan tertentu. Nyeri dada diklasifikasikan sebagai nyeri dada kardiak (berasal/berkaitan dari jantung) dan non-kardiak (tidak berhubungan dengan jantung).

    Contoh penyakit yang dapat menimbulkan nyeri dada kardiak:

    • Angina 
    • Serangan jantung (infark miokard akut)
    • Miokarditis (radang otot jantung)

    Sementara itu contoh penyakit yang menimbulkan nyeri dada non-kardiak (tidak berasal dari jantung) antara lain:

    • Spasme otot : adanya kekakuan/spasme otot dada misalkan akibat batuk terlalu kencang dapat menimbulkan nyeri dada.

    • Trauma : misalkan benturan pada dada

    • Pleuritis : radang selaput paru, menghasilkan nyeri dada yang tajam dan bahkan nyeri saat bernapas.

    • GERD : kembalinya cairan lambung naik ke kerongkongan, umumnya ditandai dengan rasa terbakar/panas di belakang dada

    • Maag (dispepsia): lambung dan jantung berdekatan sehingga seringkali posisi nyeri di ulu hati terkadang tampak seperti nyeri di dada.

    Untuk membedakan antara nyeri dada yang berhubungan dengan jantung dan yang tidak berhubungan, dapat dievaluasi berdasarkan karakteristik nyeri tersebut. Nyeri dada yang berasal dari jantung umumnya terasa menyeluruh, tidak dapat dilokalisir (tidak dapat ditunjuk suatu titik pasti lokasi nyeri), seringkali dada terasa berat layaknya ditindih/ditekan, serta kemunculannya tidak dipengaruhi oleh gerakan tertentu. Sebaliknya pada nyeri dada akibat nonkardiak (tidak berasal dari masalah di jantung), titik nyeri umumnya bisa ditunjuk jari, nyeri dapat membaik/memberat dengan posisi tubuh tertentu, kemunculannya dapat dipicu oleh : gerakan tertentu pada tubuh, menarik napas, batuk, atau bila ditekan pada area tertentu.

    Mengevaluasi dari cerita Anda, sesuai uraian di atas, kemungkinan besar bahwa nyeri dada yang Anda alami tidak berasal dari jantung. Bila tidak ada gejala penyerta lain yang mengikuti nyeri dada Anda tersebut, terlebih berlangsung singkat, hal ini cenderung bukan hal yang perlu Anda khawatirkan. Barangkali terjadi kekakuan otot-otot area dada sehingga sedikit pergerakan menimbulkan nyeri. Bila Anda merasa nyeri dada tersebut sangat mengganggu aktivitas atau terus-menerus berulang, perlu bagi Anda berkonsultasi langsung dengan dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Di samping itu patut pula Anda waspadai bilamana timbul nyeri dada yang terasa berat dengan karakteristik sebagaimana nyeri dada yang berasal dari jantung.

    Tetap atur pola hidup sehat termasuk konsumsi makanan berimbang serta olahraga ringan setiap hari.

    Semoga membantu

    Terima kasih