Tanya Dokter

  • Sakit di sekitar leher belakang yg menjalar ke kepala,tangan, dan dada

  • Pagi dok.. dok saya mau nnya,ini hari keempat saya skt diaekitar leher belakang yang menjalar k kepala,tangan dan dada dok,awalnya di pagi hari tiba-tiba leher blakang saya sperti salah digerakin,tiba2 terasa sakit sedikit sperti sakit leher pada saat salah tidur. Lalu saya diamkan satu hari dok karena sebelumnya jg saya pernah mengalami ini,dan trasa hanya satu smpai dua hari aja. Laku hari kedua masih terasa sakit dok,malah lebih sakit dari hari pertama,lalu saya mencoba terapi listrik,saat terapi listrik dibagian leher samping terasa aliran listriknya namun dibagian tengah belakang leher tidak terasa aliran listriknya,padahal dlm tegangan yg lebih tinggi dok. Setelah itu saya diamkan rasa sakit itu dok,sampe hari ini yg ke 5 hari sakit itu malah semakin parah dok,leher smakin kaku,digerakan sedikit sangat sakit,dan sakitnya itu sampe ke kepala,tangan dan dada dok,saat tarik napas jg trasa sakit. Sulit menjelaskan sakitnya karna rasa sakitnya yang sangat menyiksa dok, dan tadi malam pas mama saya lihat dibagian bawah leher belakang sebelah kiri saya itu bengkak dok. Kemarin saya udah coba minum obat ibuprofen dok,tp tidak ada perubahannya. Yang saya tanyakan 1. Sakit saya serius atau tidak dok.? 2. Dari penjelasan saya diatas kira-kira saya sakit apa dok.? Mohon penjelasannya dok,dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih alodokter..

    Halo,   Nyeri leher yang Anda rasakan bisa disebabkan karena beebrapa kondisi yakni :

    1. Tortikolis leher = gangguan otot leher yang kaku akibat postur tubuh yang buruk saat beraktivitas.
    2. Cedera otot
    3. Gangguan tulang belakang bagian leher
    4. Distonia cervikal = kekakuan otot leher sehingga menyebabkan kondisi leher nyeri dan kadang tertarik ke sisi sebelahnya.
    5. Dislokasi atau cedera sendi bahu
    6. dll.
    Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda dengan pasti maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan fisik secara langsung ke dokter. Dokter akan mengidentifikasi penyebab keluhan Anda berdasarkan hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan dan res medis jika perlu seperti EMG, tes konduksi saraf, rontgen, MRI dll. Baca artikel Bengkak di leher. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan. Dalam rangka mengurangi keluhan sebelum pemeriksaan ke dokter Anda bisa melakukan beberapa cara yakni :
    1. Kompres hangat bagian leher.
    2. Tempelkan koyo
    3. Massage ringan
    4. Stretching
    5. Fisioterapi
    6. akupuntur
    7. Minum obat pereda nyeri.
    8. Oleskan ibuprofen gel.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi