Tanya Dokter

  • sakit di sekitar rahang dan muncul benjolan di leher

  • Halo dok.. Saya mahasiswi 20th. Rahang kanan saya sering sekali sakit dan biasanya di sekitar leher muncul benjolan seperti urat yg menggumpal, membuat kepala saya migren dan nyeri2 sampai tulang punggung. Namun hanya kanan saja. Biasanya saya menanggapnya hanya efek kelelahan saja. Menurut dokter apa yag harus saya lakukan, dan kira2 keluhan semacam ini berpotensi bagaimana?? Trimakasih dokter ;)

    Hai, Beberapa kemungkinan penyebab benjolan di sekitar leher adalah :

    1. Pembesaran kelenjar getah bening; Kelenjar getah bening (KGB) merupakan salah satu pertahanan tubuh kita. Kelenjar getah bening dapat membesar jika ada infeksi/peradangan di daerah sekitarnya. KGB di leher dapat membesar jika ada infeksi pada saluran napas, infeksi daerah mulut,infeksi gigi, atau infeksi di telinga. Pengobatan yang diberikan berdasarkan pada penyakit dasar yang menyebabkan KGB membesar. Selain karena infeksi/peradangan, KGB dapat juga membesar karena kanker. Ciri-cirinya yaitu benjolan yang semakin membesar, keras dan tidak sakit.
    2. Kista epidermoid
    3. Pembesaran Kelenjar Tiroid
    4. Peradangan kelenjar ludah/Gondongan
    5. TBC
    6. Kanker
    Anda harus memeriksakan kondisi anda ini ke dokter, untuk mengetahui penyebab pasti benjolan tersebut. Pengobatan yang diberikan disesuaikan dengan penyebab pasti benjolan tersebut. Dengan pemeriksaan langsung dan mungkin beberapa pemeriksaan penunjang lainnya seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan jaringan, roentgen, CT Scan/MRI dapat diketahui penyebabnya dan kemungkinan komplikasi yang ditimbulkan.   Salam, dr.Agnes Maureen