Tanya Dokter

  • Sakit pada tubuh disertai badan lemas dan pusing tak kunjung hilang

  •  inreals
    Anggota
    Selamat pagi dok. Saya indah dari bogor. Dok.saya mau tanya. Tiga hari yang lalu, tepatnya saat bagun tidur pagi hari saya merasa sakit di bagian belakang tubuh saya. Mulai dari bahu, punggung, leher dan sampai kedua tangan saya rasanya ngilu kalau di gerakin. Lalu siang nya saya demam tinggi, sakit kepala dan sakit di bagian perut sebelah kanan sampai ke kaki. Ada yang saranin saya minum amoxilin buat penghilang rasa sakit. Sakit diperut saya memang hilang sedikit tapi sakit di badan sama pusing dikepala saya tidak mau hilang dok. Tubuh saya juga sekarang semakin hari semakin lemas. Naik tangga sedkit saja kaki saya gemetar dan pegang ponsel terlalu lama pun tangan saya terasa ngilu. Jantung saya juga kadang berdetak lebih cepat. Kira kira saya sakit apa ya dok? Dokter klinik saya bilang saya gejala usus buntu. Tapi maaf saya gak yakin dok. Dan satu lagi dok, saya kehilangan nafsu makan dan mulut saya hingga ke tenggorokan terasa pahit. Terimakasih atas waktu nya dan dimohon saran dan penjelasan nya dok

    Selamat Pagi Inreals,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Keluhan yang Kamu rasakan dapat disebabkan oleh berbagai hal, dimana untuk memastikannya diperlukan anamnesis (tanya jawab Dokter-Pasien), pemeriksaan fisik, bila perlu pemeriksaan penunjang seperti tes darah, tes urin, USG perut. Perlu diketahui bahwa, pada saat tubuh kita mengalami demam, maka gejala yang dirasakan selain kenaikan suhu tubuh adalah pegal-pegal ataupun nyeri pada tubuh. Dari keluhan Kamu yang merasakan demam, mual, sakit kepala, sakit perut sebelah kanan, memang dapat menandakan terjadinya radang usus buntu, untuk memastikannya selain anamnesis dan pemeriksaan fisik oleh Dokter, lakukanlah tes darah untuk melihat apakah terdapat kenaikan jumlah leukosit (yang menandakan infeksi), bila perlu lakukan USG usus buntu. Selain radang usus buntu, keluhan Kamu dapat juga disebabkan oleh:

    Perlu diketahui juga bahwa amoxicillin bukanlah obat penghilang rasa sakit, melainkan salah satu jenis antibiotik. Hindari menggunakan obat ini tanpa resep dari Dokter. Untuk mengurangi rasa sakit pada perut, Kamu dapat mengompres perut menggunakan handuk hangat, konsumsi paracetamol, perbanyak minum, batasi kafein (kopi, teh, coklat, minuman soda).

    Sekian semoga lekas membaik,

    dr. Annes